Share

Cegah Pungli SIM, Sat Lantas Polresta Depok Gandeng Provos Terapkan Layanan Satu Pintu

BIDHUMAS PMJ – Polresta Depok, Selasa (8/11/2016)

Satuan Lalu Lintas Polresta Depok Jawa Barat bekerjasama dengan anggota Provos menerapkan sistem satu pintu (One Gate System) dalam menerbitkan Surat Izin Mengemudi (SIM) sebagai antisipasi percaloan.

Kanit Regident Polresta Depok, AKP Arry, mengatakan hal ini sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam memberantas pungli (pungutan liar) termasuk percaloan khususnya dalam penerbitan SIM.

“Dengan sistem satu pintu atau one gate system, pemohon dapat lebih mudah dan cepat dalam penerbitan SIM,” ujar AKP Arry Senin (07-11-2016) pagi.

Mantan Perwira Kanit Regident Polda Metro Jaya ini mengaku setiap pemohon dalam proses penerbitan SIM wajib mengikuti beberapa jejang ujian praktek yang telah ditentukan.

“Pemohon tidak serta merta dengan gampang untuk membuat SIM. Ada beberapa proses hingga penerbitan SIM, yaitu pemohon wajib mengikuti uji teori dan praktek dalam pembuatan SIM,” ungkap AKP Arry.

Sementara itu, Arul, 28, warga Sukmajaya mengatakan proses pembuatan SIM di Satpas SIM Polresta Depok saat sekarang ini sudah cepat dan gampang.

“Sekarang sudah sistem online , jadi lebih cepat dalam proses penerbitan dari mulai ujian praktek maupun teori hingga SIM jadi memakan waktu sekitar 15 menit,” katanya.

Selain itu dari segi pelayanan, Arul mengungkapkan sudah cukup baik.

“Pas kita mau masuk untuk mendaftar, pemandu pelayanan oleh anggota memberitahu apa saja yang harus dilakukan sebelum ujian. Lalu penjagaan Provos juga sudah terlihat dari saat akan masuk ke Satpas dan di ruangan ujian teori sehingga tidak ada calo,” tambahnya.

Leave a Comment