Share

Subdit III Ditreskrimum berhasil ungkap kasus pemalsuan KIR

BIDHUMAS PMJ – Jakarta, Minggu (31/07/2016)

Pada hari Jumat tanggal 29 Juli 2016 sekitar pukul 01.00 WIB, Tim Opsnal Unit 1 Subdit 3/Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya pimpinan AKP PIUS PONGGENG, SH (KA UNIT 1), telah berhasil melakukan pengungkapan dan penangkapan terhadap 1 (satu) orang pelaku tindak pidana pemalsuan KIR atas dasar Laporan Polisi tanggal 29 Juli 2016 tentang pemalsuan sebagaimana dimaksud dalam pasal 263 KUHP pada hari Jumat, tanggal 29 Juli 2016 sekitar pukul 01.00 WIB di TKP Gang Assalam 1, Kav H. Ali, Babelan, Kabupaten Bekasi.

Kronologis kejadian pada awalnya sejak tahun 2007 tersangka SP, Bekasi, 2 Agustus 1985, Islam, Biro jasa, Alamat Gang Assalam I, Babelan, Kabuapten Bekasi bekerja sebagai biro jasa untuk pengurusan STNK dan KIR, kemudian sekitar bulan Maret 2016 banyak sopir yang mengeluh karena tidak lulus uji ketika pengurusan perpanjangan KIR atau KIR baru, maka tersangka berinisiatif untuk membuat KIR palsu dengan cara tersangka menerima pesanan KIR palsu melalui telepon atau bertemu langsung dengan pemesan.

Kemudian tersangka meminta buku KIR yang masa ujinya sudah habis untuk dipalsukan, kemudian tersangka membuat KIR palsu dengan menggunakan 1 (satu) unit laptop merk HP dan 2 (unit) printer. Untuk tanda tangan pejabat, tersangka memalsukan dengan cara tersangka melihat contoh tanda tangan sebelumnya, tersangka sudah mengumpulkan tanda tangan pejabat bagian KIR kemudian tersangka menandatangani sendiri dengan meniru tandan tangan yang asli.

Untuk pembuatan perpanjangan KIR tersangka memberikan tarif sebesar Rp. 200.000,- sedangkan untuk KIR baru sebesar Rp. 250.000,-

Tersangka membuat stempel palsu dan mendapatkan kertas sticker di daerah Bekasi, sedangkan blanko KIR kosong (palsu) diperoleh dari DO dan masih dalam pencarian (DPO).

Tersangka juga melayani pemesanan KIR palsu dari daerah, diantaranya,
1. Jakarta
2. Bekasi
3. Depok
4. Tangerang
5. Karawang
6. Majalengka
7. Malang
8. Tasikmalaya
9. Purwakarta
10. Surabaya
11. Bandar Lampung

Barang bukti yang diamankan dari Tersangka yakni,
– 34 (tiga puluh empat) buah Kartu Uji Berkala (diduga palsu)
– 12 (dua belas) buah Kartu Uji berkala (diduga asli)
– 1 (satu) buah laptop warna hitam
– 2 (dua) lembar Masa Uji Berkala dgn stempel Pemerintah Kota Surabaya
– 1 (satu) buah mesin printer canon
– 1 (satu) buah mesin printer IBM
– 46 (empat puluh enam) buah stempel
– 2 (dua) bak stempel
– 4 (empat) buah Handphone
– 2 (Dua) buah bandel buku KIR
– 1 (satu) buah bandel bahan sticker
– 5 (lima) buah pulpen
– 1 (satu) buah tipx
– 1 (satu) buah tas hitam
– 1 (satu) buah steples

Leave a Comment