Share

Tradisi Turun Temurun Masyarakat Kepulauan Seribu

BIDHUMAS PMJ – Kep Seribu, Jumat (01/07/2016)

Syukuran diatas kapal merupakan tradisi warga Kepulauan Seribu saat mereka telah menyelesaikan pembuatan kapal baru. Syukuran tersebut dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas selesainya pembuatan kapal dan juga sekaligus mendoakan agar kapal tersebut dapat membawa rezeki dan keselamatan bagi pemiliknya.

Namun mengapa harus diatas kapal ? Bhabinkamtibmas Pulau Harapan Polres Kepulauan Seribu Bripka Sidik menjelaskan alasannya “Syukuran diatas kapal yang baru saja selesai dibuat memang sudah menjadi tradisi turun temurun dari dulu dan memang harus dilakukan diatas kapalnya. Tujuannya adalah mengenalkan kapal barunya kepada warga sekitar sekaligus mendoakan secara langsung agar kapal tersebut membawa rezeki yang melimpah serta selalu membawa berkah kepada pemiliknya.” Jelas Sidik.

Menurut Sidik, masyarakat selalu mengundang anggota Polsek Kepulauan Seribu Utara untuk menghadiri syukuran kapal barunya. Seperti pada hari ini Rabu (29/06), Bripka Sidik diundang untuk menghadiri syukuran kapal milik bapak Saeni yang baru saja selesai dibuat. Terlihat beberapa masyarakat sangat khusyuk mendoakan walaupun berada diatas laut.

“Bpk Saeni mengundang saya untuk ikut mendoakan kapal barunya sore tadi menjelang berbuka puasa. Kapalnya diberi nama ‘Saeni’ sesuai dengan nama pemiliknya.” Tambah Sidik.

Leave a Comment