Share

Sat Polair Polres Kepulauan Seribu dan Basarnas DKI Jakarta Lakukan Patroli Pesisir Pantai

BIDHUMAS PMJ – Kep Seribu, Minggu (10/07/2016)

Guna mengantisipasi terjadinya insiden di daerah pariwisata khususnya di wilayah pantai, Sat Polair Polres Kepulauan Seribu bersama Badan Sar Nasional (Basarnar) DKI Jakarta menerjunkan sejumlah personil untuk melakukan patroli agar dapat merespon secara cepat bila ada kejadian di wilayah pesisir pantai.

Kasat Polair Polres Kepulauan Seribu AKP Zaroki Saputra mengatakan strategi yang dilakukan dalam melakukan pengamanan adalah pihaknya menyiagakan 1 kapal patroli dan 4 Abk Kapal serta kerja sama dengan SAR DKI Jakarta

“Kita siaga 24 jam terus menerus,ada satu tim yang kami siagakan setiap hari di kantor,kita juga siaga dengan alut kita rescue boat dan Jetski yang memang kami pusatkan di Marina Ancol, kaitannya dengan antisipasi di tempat wisata di daerah Pesisir Ancol dan Kepulauan Seribu,” terang Zaroki, Sabtu (9/7/2016).

Ia menjelaskan pihaknya juga menurunkan tim mobile untuk melakukan monitoring pada hari Sabtu dan Minggu ke daerah wisata pantai di Kepulauan Seribu dimana pada hari tersebut banyak di kunjungi oleh pengunjung yang berlibur.

“Sabtu dan Minggu itu adalah hari libur, jadi wisatawan lokal maupun nasional banyak yang berlibur ke pantai, sebab itu kami laksanakan mobile untuk mempercepat respon manakala di tempat-tempat wisata tersebut terjadi insiden yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Menurut Zaroki dengan jumlah personil yang ada saat ini pihaknya lebih berkonsentrasi kepada daerah yang pengunjungnya cukup tinggi dengan berkoordinasi dengan stage holder terkait untuk mengantisipasi semua kemungkinan yang terjadi di Wilayah Hukum Polres Kepulauan Seribu.

“Personil kita saat ini masih terbatas,karena itu kita lebih konsentrasi di daerah wisata yang banyak pengunjungnya seperti pantai, tentunya berkoordinasi dengan instansi terkait,” katanya.

Sat Polair Polres Kepulauan Seribu dan Basarnas DKI Jakarta dikatakannya juga sudah melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat pantai maupun instansi pemerintah dari level bawah hingga kecamatan tentang bagaimana cara penanggulangan apabila terjadi kecelakaan di daerah pesisir.

Leave a Comment