Share

Pocil Polsek Kebon Jeruk Wakili Polrestro Jakarta Barat di Lomba Pocil JMPE 2016 dan Berhasil Sabet Peringkat III

BIDHUMAS PMJ – Jakarta Barat, Kamis (21/07/2016)

Polisi Cilik (Pocil) Kepolisian Resor Metro Jakarta Barat, DKI Jakarta, yang diwakili oleh Pocil dari Polsek Kebon Jeruk (SD Negeri 01 Kelapa Dua, Kebon Jeruk) berhasil meraih peringkat III dalam Lomba Polisi Cilik Jakarta Metropolitan Police Expo 2016.

Untuk itu, Kapolres Metro Jakarta Barat Komisaris Besar Polisi Rudy Heriyanto Adi Nugroho SH, MH, MBA, selaku pembina Pocil, mendelegasikan Kapolsek Kebon Jeruk Komisaris Polisi Lambe Patabang Birana SIK, untuk menerima piagam penghargaan yang diserahkan oleh Direktur Pembinaan Masyarakat Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya, Kombes Pol Budi Wijanarko SH, MH.

Dalam acara pemberian piagam penghargaan tersebut, Kapolsek menyampaikan motivasi kepada Pocil untuk selalu giat belajar dan berlatih untuk meraih masa depan yang cerah. Ia berharap, Pocil dapat menjadi Polisi bagi dirinya, lingkungan, dan masyarakat. Sehingga Pocil dapat menjadi contoh yang baik di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Pocil merupakan organisasi kecil yang mengambil alih dalam pendidikan karakter. Pocil dibentuk dengan visi dan misi sebagai mitra kemasyarakatan, mendidik nilai dan moral anak agar dapat menjadi contoh untuk anak-anak lainnya terutama di sekolah dan guna mendekatkan kepada masyarakat bahwa Polisi mampu berinteraksi dengan masyarakat bukan untuk ditakuti.

Polisi adalah milik semua lapisan masyarakat, untuk mendekatkan masyarakat polisi memulai bentuk pencitraan dengan anak kecil sehingga polisi memperlihatkan bahwa anak usia dini mampu berinteraksi dengan Polisi tanpa rasa takut.

Demikian Pocil dibentuk, harapannya agar masyarakat mampu menyadari bahwa terbentuknya Pocil dapat menjadi contoh baik dari usia dini hingga dewasa.

Pada program Pocil, pendidikan yang diberikan berupa PBB 50%, 15% Lalu-lintas (Gatur, Senam, UU Lalu Lintas), Mental 10%, Pengetahun 10% (Pancasila), 10 % Agama. Kriteria Pocil yaitu kelas 3 dan kelas 4 SD yang menduduki ranking 1-10 di sekolahnya.

Leave a Comment