Share

Kapolri Imbau 19 Anak Buah Santoso Segera Turun Gunung

BIDHUMAS PMJ – Jakarta, Minggu (24/07/2016)

Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Tito Karnavian mengimbau agar 19 anak buah kelompok teroris Santoso segera turun gunung untuk mengikuti proses hukum.

”Jadi tolong dicatat bukan menyerahkan diri, saya tidak mengimbau mereka menyerahkan diri. Tapi bahasanya demi kemaslahatan umat di Poso karena ada operasi di sana, ada aksi-aksi mereka membuat keresahan, mari turun ke bawah ikuti proses hukum yang berlaku,” tutur Jenderel Tito kepada wartawan Jumat (22-07-2016).

Jenderal Tito menerangkan, menyerahkan diri itu dalam doktrin mereka haram. Maka dari itu ini demi kemaslahatan masyarakat Poso, lebih baik semuanya turun dari hutan dan menjalani proses hukum yang berlaku di Indonesia.

Operasi Tinombala tidak akan segera dicabut, melainkan akan terus dilakukan hingga tangan kanan Santoso Ali Kalora dan Basri tertangkap. Meksi begitu Polisi akan mengedepankan langkah persuasif.

”Jadi ibarat orang sudah mendesak kemudian kita lepas, kita nanti akan repot lagi ke depan. Tekan dulu mereka sampai tokoh-tokoh penting selesai baik dengan cara keras, koersif, keras, dikejar ditangkap, baik maupun persuasif pendekatan,” katanya.

Mantan Kapolda Metro Jaya ini mengimbau, dari pada anak buah Santoso melarikan diri dan menjadi buronan lebih baik turun gurung dan menyerahkan diri. Apabila mereka turun gunung maka akan ada keringan hukuman bagi anak buah Santoso.

”Kalau memang mereka turun gunung dan datang sendiri maka akan menjadi faktor untuk meringankan hukuman mereka dan kalau sudah turun maka kami akan tarik pasukan,” tegas Jenderal Tito.

Leave a Comment