Share

Kapolres Kepulauan Seribu Bersama Karo Ops Polda Metro Jaya Himbau Pemilik Kapal Ojek Untuk Utamakan

BIDHUMAS PMJ – Kep Seribu, Sabtu (09/07/2016)

Polres Kepulauan Seribu berikan himbauan Untuk antisipasi lonjakan wisatawan selama libur lebaran, pemilik kapal tradisional (kapal ojek) Kepulauan Seribu diminta lebih memperhatikan faktor keselamatan penumpang saat melakukan pelayaran mudik ke sejumlah pelabuhan dari daratan Jakarta dan Tangerang Banten begitu sebaliknya.

“Faktor keamanan penumpang (wisatawan/penduduk) yang penting. Jadi pemilik kapal jangan menaikan penumpang melebihi kapasitas kapal, sediakan sarana penunjang keselamatan seperti life jacket maupun pelampung, Yang mau mudik jangan memaksakan jika kapal penuh karena masih banyak kapal lain,” Jelas Wakapolres Kepulauan Seribu Slamet Haryono, Rabu (06/07/2016).

Haryono mengatakan, himbauan tersebut disampaikan menyusul banyaknya pengusaha angkutan laut antar pulau ini yang kerap mengabaikan faktor keselamatan penumpang. Seperti tidak melengkapi alat pelampung sesuai jumlah penumpang dan memuat penumpang melebihi kapasitas kapal.

“Kecelakaan laut sering terjadi karena keteledoran dan kurangnya sarana keselamatan maupun ketidak pedulian terhadap faktor keselamatan. Penumpang maupun pemilik kapal kerap menyepelekan daya tampung maksimal kapal,” imbuhnya.

Pihaknya juga menghimbau warga Kepulauan Seribu yang mau ke darat jangan lupa memastikan kondisi rumah dalam keadaan terkunci, aman dan listrik maupun kompor dimatikan. “Pastikan kondisi rumah aman sehingga pada saat mudik barang-barang berharga tidak dibobol pencuri,” pungkasnya.

Leave a Comment