Share

Subdit III Ditreskrimum berhasil menangkap seorang pelaku kasus penggelapan

BIDHUMAS PMJ – PMJ, Rabu (08/06/2016)

Pada hari Selasa, tanggal 07 Juni 2016 Unit 2 Subdit 3/Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya pimpinan Kompol SUMARDI telah mengamankan dan melakukan penangkapan seorang tersangka kasus Penggelapan sebagaimana dimaksud pasal 372 KUHP tentang pengadaan dan pekerjaan Proyek dengan korban seorang Mayor Jendral TNI AD AIS beralamat di Pondok Cabe Udik Pamulang Tangerang Selatan dan pelapor diketahui seorang pengacara yang berinisial RJ, Kejadian tersebut terjadi pada bulan Oktober tahun 2014 di restoran Lapangan Golf Senayan jakarta Pusat

Kronologis kejadian pada bulan Oktober 2014 bahwa tersangka yang berinisal AW, 49 tahun, pekerjaan wiraswasta, agama islam, Alamat jalan Kayu putih Utara 1 F/ 58 Pulo Gadung Jakarta Timur dan jalan Taruma Negara No 19 Taman Yunani Sentul City Bogor Jawa Barat menawarkan suatu pekerjaan di Babek TNI Cakung Cilincing Jakarta Utara tentang Pengadaan Laser Devise, karena tersangka kekurangan dana maka tersangka meminta bantuan dana dari korban sebesar Rp. 1.000.000.0000 dengan perjajian keuntungan 50 % karena sebelumnya antara korban dan tersangka sudah saling kenal sehingga dengan adanya perjajnian keuntungan tersebut korban mau menyerahkan dananya sebesar 1 Milyar disertai dengan 2 lembar penunjukan penyediaan barang, 1 lembar surat pernyataan penerimaan uang, 1lembar pernyataan tersangka, 1 laporan perjanjian dan surat perjanjian akan melunasi.

Kemudian berjalannya waktu pekerjaan tersebut telah diselesaikan oleh tersangka dan tersangka sudah mendapatkan pembayaran dari pihak Babek TNI namun oleh tersangka keuntungan tidak diberikan dan modal pun juga tidak diberikan oleh tersangka namun uang milik korban tersebut justru habis digunakan untuk kepentingan tersangka sendiri. Dengan demikian korban merasa dirugikan oleh tersangka lanjut korban membuat Laporan ke Spkt Polda Metro Jaya.

Modus Operandinya adalah tersangka hanya janji-janji namun tidak pernah ditepati, uang milik korban digunakan untuk pembiayaan pekerjaan proyek dan proyek sudah selesai dikerjakan namun setelah mendapatkan pembayaran uang milik korban berikut keuntunganya tidak diserahkan melainkan digunakan untuk kepentingan pribadi tanpa sepengetahuan korban. Adapun saki-saksi yaitu korban, SA, ID, AP, AS, MA dan RJ.

Perkara tersebut sudah kecukupan alat bukti berupa surat-surat dan 5 keterangan saksi yang sudah sesuai dengan alat bukti terhadap tersangka AW cukup kuat dan telah melakukan TP Penggelapan sebagaimana pasal 372 KUHP dan kuat dilakukan penahanan di Rutan PMJ. Mengingat alamat tersangka berpindah-pindah dan dikhawatirkan tersangka melarikan diri.

Reka tindak lanjut
1. Melengkapi administrasi penyidikan.
2. Melakukan pemeriksaan terhadap saksi2 dan para tersangka
3. Mencari saksi-saksi untuk dimintai keterangan
4. Segera melimpahkan ke JPU

Leave a Comment