Share

Press release kasus kerusuhan Suporter sepak bola oleh Subdit VI Cyber Crime Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya

BIDHUMAS PMJ – PMJ, Selasa (28/06/0216)

Press release kasus kerusuhan Suporter sepak bola oleh Subdit VI Cyber Crime Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya, penyidik subdit IV Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya berhasil mengungkap kasus terkait suporter the Jakmania dengan kasus tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan mentransmisikan dan membuat dapat diakses informasi elektronik dan dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan pencemaran nama baik dan memiliki muatan pengancaman. Subdit IV Cyber Crime Ditreskrimsus Berhasil mengamankan 5 orang tersangka yaitu AF(16 tahun), MF(23 tahun), MR(19 tahun), RF(28 tahun) dan A(19 tahun) dengan cara Pelaku mengupload foto dan tulisan ke media sosialnya yang berisi ancaman, penghinaan dan menimbulkan rasa kebencian melalui HP.

Setelah kejadian kerusuhan di stadion GBK tanggal 24 juni 26, subdit IV Cyber Crime Ditreskrimsus langsung mengadakan patroli Cyber, dalam patroli cyber tersebut ditemukan beberapa akun yang memiliki muatan pengancaman, penghinaan dan menimbulkan rasa kebencian. Akibat perbuatan pelaku diduga melanggar pasal 27 ayat 3,4 jo pasal 45 ayat 1 & atau pasal 28 ayat 2 jo pasal 45 ayat 2 UU ITE No 11 tahun 2008 dengan pidana penjara 6 tahun dan atau denda maksimal Rp 1.000.000.000,00 (1 Miliar rupiah).

Barang bukti yang diamankan dari tersangka yakni, 1 (satu) buah HP Samsung Duos warna putih, 1 (satu) HP Samsung J warna putih, 1 (satu) HP Blackberry bellagio warna hitam, 1 (satu) HP Smartfren warna hitam, 1 (satu) HP Acer warna hitam dan beberapa Capture Hate Speech yang dilontarkan oleh tersangka dimedia sosial.

Leave a Comment