Share

Operasi Ramadniya 2016, Polri Kerahkan 158 Ribu Personel

BIDHUMAS PMJ – PMJ, Kamis (30/06/2016)

Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Badrodin Haiti memimpin apel gelar pasukan Operasi Ramadniya 2016 yang akan berlangsung selama 16 hari sejak 30 Juni hingga 15 Juli 2016.

Apel tersebut dilakukan di Mapolda Metro Jaya dan dihadiri oleh sejumlah perwira tinggi Polri, Polda Metro Jaya, TNI dan juga Gubernur DKI Jakarta, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan udangan lainya.

Jenderal Badrodin Haiti menjelaskan,
apel ini untuk mengecek kesiapan pasukan pengamanan. Tujuan operasi untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang merayakan hari raya lebaran.

Peningkatan mobilitas masyarakat harus dikelola secara baik agar tidak terjadi gangguan kamseltibcar lantas (keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas).
Mudik merupakan tradisi masyarakat Indonesia. Tradisi ini akan menyebabkan mobilisasi masyarakat besar-besaran. Untuk itu sudah menjadi tugas Polri dan instansi terkait untuk melakukan upaya pencegahan.

Selama Operasi Ramadniya tersebut, kata dia, setidaknya 158.402 personel gabungan akan diterjunkan. Mereka akan disebar di seluruh wilayah Indonesia, terutama di daerah-daerah yang rawan dengan potensi kemacetan dan tindak kriminal.

Kegiatan ini mempunyai implikasi terhadap arus pergerakan orang dan barang serta mobilitas transaksi di seluruh tanah air. Peningkatan ini harus dikelola baik agar tidak jadi masalah kamtibmas baik menjelang atau saat Hari Raya.

Selama operasi setiap wilayah memiliki fokus penjagaan yang berbeda-beda. Contohnya Jakarta, Polda Metro Jaya akan memfokuskan pengamanan di rumah kosong karena masyarakat banyak yang meninggalkan rumah untuk mudik ke kampung halaman.

Lalu wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah fokus pada pengamanan lalu-lintas dan juga pengamanan untuk mencegah aksi kejahatan lainya.

Polisi juga membangun sejumlah pos pengamanan mulai di jalanan, Bandara, Pelabuhan hingga di Terminal dan tempat-tempat yang menjadi titik kumpul para pemudik.

Semua dilakukan oleh polisi untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat. Sehingga warga yang akan menikmati hari raya Idul Fitri akan menjadi nyaman dan tenang.

Leave a Comment