Share

Unjuk Rasa Elemen Pergerakan Pelaut Indonesian

BIDHUMAS PMJ – Menteng, Kamis (12/5/2016)

Telah berlangsung aksi unjuk rasa dari massa Pelaut yang tergabung dalam Pergerakan Pelaut Indonesia (FORKAMI, KPI, ILS dan Pelaut Perorangan) di Kantor KPI Jl. Cikini Raya, Menteng, Jakarta Pusat.

Jumlah massa terpantau sekitar 500 orang dengan pimpinan Bpk. James Talakua (Ketua Forkami), Bpk. Andri Yani Sanusi, Baso dan Bpk. Reki (Sekretaris KPI Jakarta Utara). Adapun aksi ini dilakukan dengan tuntutan menagih janji hal keputusan KLB (Kongres Luar Biasa) Kesatuan Pelaut Indonesia.

Masa aksi melakukan orasi-orasi didepan pintu masuk Area Central Cikini Jl. Cikini Raya dan meminta kepada aparat Kepolisian untuk tidak menghalang-halangi dan membuka portal, karna masa aksi akan bertemu langsung dengan pimpinan Kesatuan Pelaut Indonesia (KPI) untuk menyampaikan aspirasi dan tuntutannya.

Sebanyak 172 aparat Kepolisian yang mengamankan aksi tersebut, memberikan himbauan agar masa aksi tidak melakukan tindakan melanggar hukum dan memberikan waktu utk menyampaikan aspirasinya. Massa aksi dengan anarkis mendorong aparat yang berjaga sambil melempari aparat menggunakan batu dan kayu ke aparat Kepolisian memberikan tembakan gas air mata beberapa kali dan masa akhirnya mundur berada di Jl. Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.

Namun pada pukul 17.45 Wib, massa aksi membubarkan diri dan kembali ke pangkalan masing-masing. Situasi terpantau kondusif.

Leave a Comment