Share

Press Release Kesiapan Pengamanan Libur Panjang Polresta Bekasi

BIDHUMAS PMJ – Cikarang, Selasa (3/5/2016).

Bertempat di Lobby Mapolresta Bekasi (10.00 wib) telah berlangsung Kegiatan Press Release Kesiapan Polresta Bekasi dalam rangka pengamanan hari libur panjang Hari keagamaan kenaikan yesus kristus dan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW yang di mulai tanggal 5,6,7 dan 8 mei 2016.

Dalam Press Release tersebut disampaikan langsung oleh Kapolresta Bekasi yang di wakili oleh Wakapolresta Bekasi AKBP Sonny Mulvianto Utomo,SIK beserta Jajajaran Pejabat Utama Polresta Bekasi dan Kapolsek yang hadir.

Wakapolresta Bekasi dalam Press Release tersebut mengatakan Mulai kamis jumat, 5-6, nyambung pada hari sabtu.

“Kami prediksi meningkatnya kegiatan masyarakat, baik yang merayakan peringatan Kenaikan Isa Almasih maupun Isra Miraj yang mengisis libur panjang ini, baik mengunjungi keluarga maupun hadir atau mendatangi objek wisata di Kabupaten Bekasi dan sekitarnya.

Berdasrkan pengalaman sebelumnya, Polda Metro melakukan langkah – langkah dan kita tindaklanjuti.
Kemarin dikumpulkan seluruh polres untuk melaksankan rapat koordinasi internal Sat Lantas dan Jasa Marga telah melakukan kegiatan persiapan yang dipimpin Wakorlantas. Kami juga lakukan kegiatan rapat koordinasi internal Polres untuk melakukan pengecekan persiapan mengamankan.
Polresta Bekasi akan melakukan pengamanan yang sasarannya tempat” ibadah, tempat wisata dan pusat keramaian masyarakat yang akan menjadi kegiatan masyarakat, dan arus tol yang kita antisipasi akan ada peningkatan sangat tinggi arus moblisitas dari jakarta ke luar jakarta atau sebaliknya.

Ploting anggota di tol mulai rabu sore sudah diamankan, baik di rest area 16, 33 dan 39 dan sepanjang jalur tol dengan sasaran mengamankan arus perjalanan masyarakat dan mengamankan, dan mengantisipasi kejahatan curas, curanmor maupun curat (3C)
Dan ada 39 gereja yang akan melaksanakan kebaktian hari kamis itu, jumtan rutin masyarakat jumatan kami ploting. Kami juga ploting kegiatan wisata baik gowet, wtaer boom sampai pusat perelanjaan.
Harapannya dengan pengamanan ini masyarakat dapat melaksanakan kegiatan dengan lancar aman dan nyaman.

Pengamanan tol ada beberapa cara bertindak, kita gelar anggota di sepanjang jalur tol untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kemacetan. Berdasarkan penglaman sebelumnya, sumber macet terjadi saat masuk ke rest area 19, kami sudah koordinasi dengan pengelola rest area apabila nanti terjadi antrean cukup panjang sampai 5 kilometer, kami akan tutup rest area, kalau antrean sudah panjang berarti rest area sudah tidak bisa menampung, Dan masyarakat supaya mencari rests area setelah itu.
Apabila antrean cukup panjang, masyarakat kami keluarkan di tol cibitung atau tambun untuk melalui jalur pantura dan kalimalang. Kami lakukan anggota kepolisian, termasuk raimas karena kami punya motor cukup banyak nanti akan kami ploting. Degan PM dan ploting ini nantinya anggota yang bisa mobilisasi dengan cepat sehingga kalau terjadi kejahatan di tempat yang lain dipindah untuk melakukan tindakan kepolisian.

Kami tempatkan personel sesuai kerawanan di rest area 19 kami tempatkan 90 personel karena itu rest area pertama dari arah jakarta. Saya yakin masyarkaat banyak menggunakan di sana, kami antsipisasi kemungkinan kejahatan, dan per rest area 33 dan 39, kekuatan lebih sedikit. Asumsi kami kekukatan ancamannya tidak sebesar ketika di 19. Semua potensi gangguang kamtibmas jadi tangung jawab kami.

Titik kerawaan yang arah ke jakarta biasanya menjelang keluar tol tambun, rest area 19, menjelang keluar tol cibitung, gerbang tol cikarang utama itu antrian cukup panjang nantinya. Pengalaman kami setelah kegiatan keluar cikarang utama biasanya lancar sampai nanti menjelang karawang sudah padat lagi.
Pantura lanjut di simpang-simpang, baik itu simpang legenda dan gandasuka agak padat, kami tempatkan pos polisi. Kami tempatkan anggota disana terutama berbatasan dengan karawang di kedungwaringin. Harapan kami kalaui terjadi pengaturan arus lalu lintas lewat pantura dan kalimalang tidak tersasar.
Pasar cibitung kami lakukan rekayasa lalu lintas, kalau macet terpaksa dihentikan, kami hentikan pekerjaan jalan.

Kementerian perhubungan untuk pengaturan truk -truk besar, mereka jalannya lambat dan cukup besar, sangat menghabiskan ruas jalan. Nanti kami akan melihat ada pengendalian tentang peroperasian mereka. Larangan beroperasi sampai sekarang tidak ada, ternyata kemacetan luar biasa mungkin kami kondisikan dari jakarta sudah dialihkan ke luar atau di kami sudah dialihkan ke luar supaya tidak masuk tol. Itu risiko yang mungkin harus ditempuh seperti akhir tahun kemarin.
Harapannya mereka beroperasi lebih ke malam hari, tapi kalau malam hari padat nanti kami lakukan pengaturan.

Pastinya jasa marga yang tahu, tapi kami prediksi mungkin bisa naik 15-20 persen dari hari biasa.

Indikasi gangguan?
Sampai sekarang hasil penyelidikan tidak ada gangguan, tapi bukan berarti tidak ada masalah. Kami lakukan antisipasi maksimal. Sebagai upaya preventif mempersempit ruang kejahatan. Kalau ada orang curigai bisa disampaikan untuk kami proses. Supaya masyarakat tidak jadi korban tindak kejahatan di jalanan.
Pusat perbelanjaan, pusat rekreasi jadi sasaran kami untuk menempatkan anggota disana, Pasti hari libur masyarakat melakukan kegiatan di sana”.Kegiatan Press Release tersebut berjalan dengan aman tertib dan lancar.

Leave a Comment