Share

Pengamanan Polres Pelabuhan Tanjung Priok Perayaan Mayday 2016 Serikat Buruh Pelabuhan

BIDHUMAS PMJ – Tanjung Priok, Minggu (01/05/2016).

Minggu, 01 Mei 2016 Pukul 10.00 Wib s/d 12.00 Wib, telah dilaksanakan Peringatan May Day 2016 (Hari Buruh Sedunia) di Depan Gate TPK Koja Jalan Dobo Pelabuhan Tanjung Priok.

Kegiatan Peringatan May Day 2016 diselenggarakan oleh Federasi Pekerja Pelabuhan Indonesia (FPPI) di Wilayah Pelabuhan Tanjung Priok dengan jumlah massa sekitar 500 orang yang terdiri dari aliansi Serikat Pekerja di lingkungan Pelabuhan yaitu diantaranya Serikat Pekerja Pelabuhan Indonesia II (SPPI II), SPPS, Serikat Pekerja Jakarta International Container Terminal (SP JICT), Serikat Pekerja Bersatu (SPB) Koja , SPNO PT. Multi Terminal Indonesia, SPASI, Serikat Pekerja Contaniner (SPC) dengan pimpinan Ketua Umum FPPI Ibu RIEKE DIAH PITALOKA serta massa dari luar Pelabuhan yaitu SP Perawat RS koja, SP Pramugari dan SP Pos dan Giro.

Adapun rangkaian kegiatan, sebagai berikut,
– Apel Kesiapan Mayday 2016.
– Menyanyikan Lagu Indonesia Raya.
– Mengheningkan Cipta.
– Pembacaan Pancasila.
– Pembacaan UU 45.
– Sambutan Ketua Umum FPPI Ibu RIEKE DIAH PITALOKA.
– Pembacaan Ikrar.
– Menyanyikan Lagu Perjuangan.
– Do’a dan penutup.

Dalam sambutan yang diberikan oleh Ketua Umum FPPI Ibu. RIEKE DIAH PITALOKA terkait dengan isu yang diangkat pada peringatan May Day 2016 yaitu soal kenaikan upah dan status kerja, bagaimana menyelamatkan aset negara untuk sebesar-besarnya dinikmati oleh rakyat Indonesia, serta saat ini FPPI memiliki agenda tuntutan secara utuh diantaranya meminta 30 Karyawan Pelindo II dipekerjakan kembali, menuntut pembatalan perpanjangan Konsesi PT. JICT dan TPK Koja kepada Hutchison Port Holding (HPH) Hongkong, bubarkan pos Project Management Oficer (PMO) Pelindo II, tetapkan status KSO TPK Koja menjadi Perseroan Terbatas (PT), tolak Union Busting, batalkan Spin Off PT. Multi Terminal Indonesia, angkat pekerja outsourcing jadi karyawan tetap, hapus sistem Kemitraan sopir angkutan Pelabuhan, berlakukan upah layak bagi TKBM serta usut tuntas dugaan Korupsi Global Bond dan pengadaan alat di Pelindo II.

Kegiatan pelaksanaan peringatan May Day 2016 ditutup dengan Do’a dan dilanjutkan dengan Siaran pers oleh Ketua Umum FPPI, selanjutnya massa dari berbagai Elemen membubarkan diri dan kembali kerumah masing2. Selama kegiatan diliput oleh Stasiun TV diantaranya TV ONE, Trans TV, Indosiar, SCTV serta Media cetak maupun elektronik.

Pelaksanaan peringatan Mayday 2016 di Jalan Dobo Koja Pelabuhan Tanjung Priok mendapat pengamanan dari Polres Pelabuhan Tanjung Priok. Situasi aman kondusif.

Leave a Comment