Share

Mayday ke-2, Suasana Monas Sepi

BIDHUMAS PMJ – Jakarta Pusat, Senin (02/05/2016).

Jelang aksi buruh di hari kedua serta hari Pendidikan Nasional, kawasan sekitar Monas yang biasa dijadikan tempat menyampaikan pendapat di muka umum sepi.

Dari pantauan di lokasi, tak terlihat adanya tanda-tanda unjuk rasa. Namun satu mobil bak petugas yang membawa soundsystem sudah siaga. Kawat berduri telah terpasang di pelataran Monas.

Sedangkan arus lalu lintas ramai lancar. Tak tampak ada pengalihan arus. Namun, jalan Medan Merdeka Barat tampak sepi. Hingga kini untuk petugas polisi sendiri masih bersiaga di tenda-tenda yang ditempatkan di dalam kawasan Monas.

Sebelumnya, pada Minggu (1/5) lalu, para buruh berencana akan melanjutkan aksi demonstrasi mereka pada hari ini. Direncanakan akan berunjuk rasa di depan Istana Negara. Namun, nampaknya tidak akan terwujud. Pasalnya kawat berduri sudah lebih dulu membatasi siapapun yang bakal berunjuk rasa.

Dengan adanya kawat berduri itu, lokasi berunjuk rasa berada jauh dari depan istana. Tepatnya para pengunjuk rasa akan menghadap arah barat, sedangkan pagar Istana Negara berada diarah utara.

Sebelumnya, menurut Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Moechgiyarto, buruh akan kembali berdemo. Petugas sudah siaga, kawat berduri sudah terpasang. Namun hingga pukul 11.00, tak satupun ada tanda-tanda akan adanya demonstrasi.

“Kami masih siaga dan menunggu arahan,” ujar seorang petugas.

Hanya ada beberapa pengunjung Monas yang mondar mandir, tukang foto keliling dan penjual kopi yang kucing-kucingan dengan petugas.

Leave a Comment