Share

Libur Panjang, Ini Rekayasa Jalan Tol Polda Metro Jaya

BIDHUMAS PMJ – Dki Jakarta, Selasa (03/05/2016).

Bagi yang hendak berpergian ke luar kota melalui jalur tol pada saat libur panjang 4-8 Mei, Direktorat lalu lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya beserta pihak Jasa Marga akan menggunakan rekayasa lalu lintas permanen di jalur tersebut.

“Jika ada antrian yang panjang mendekati 1-5 km akan kerjasama dengan Jasa Marga untuk mempercepat gate-gate di gerbang masuk tol,” ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto, di Polda Metro Jaya, Selasa (3/5/2016).Tak hanya itu, Budiyanto menyebut, sistem buka tutup tempat peristirahatan (Rest Area) pun juga turut diberlakukan guna mengurai bilamana terjadi kepadatan lalu lintas.

“Kemudian bila mana antrian di gate lebih dari 5 km, juga akan dilakukan kegiatan kontra flow untuk kendaraan. Dan dilakukan buka tutup pada gerbang exit di jalan tol,” pungkasnya.Kendati begitu, Budiyanto pun juga sudah menyiapkan antisipasi bilamana terjadi kepadatan panjang yang menyebabkan kendaraan stuck (berhenti total) di ruas jalan Tol.

“Kendaraan yang ada di dalam kita akan keluarkan ke jalan arteri. Makanya, semua itu kan kerjasama dengan seluruh stakeholder terkait,” bebernya.Karena, Kasubdit Gakkum pun tak menampik, kepadatan lalu lintas pun pastinya terjadi di liburan panjang nanti. Untuk itu, Budiyanto pun juga sudah mengetahui jalur-jalur langganan yang bakal terjadi kepadatan lalu lintas.

“Kepadatan yang akan terjadi adalah jalur mudik, diantaranya di jalan tol dalam kota yang mengarah cikampek. kemudian di sentra-sentra tempat rekreasi, ancol, ragunan, TMII dan tempat masjid besar dan gereja besar,” katanya.

Budiyanto menambahkan, rekayasa lalu lintas ini akan diberlakukan sehari jelang libur panjang (H-1) sampai titik puncak arus balik. “Ini akan dilakukan saat akan pergi dan pulang,” paparnya.

Sebelumnya, Sebanyak 2000 personel aparat Polda Metro Jaya siap pun sudah siap diterjunkan untuk pengamanan jelang liburan panjang.

Leave a Comment