Share

Kongres Warga Tolak Penggusuran di Kolong Tol Rw.6 Penjaringan Jakarta Utara

BIDHUMAS PMJ – Jakarta Utara, Minggu (15/05/2016).

Minggu tanggal 15 Mei 2016 sekitar pukul 13.00 wib Ribuan warga korban gusuran dari 33 kelurahan di Jakarta menggelar aksi tolak penggusuran yang kerap dilakukan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok). Kongres dilakukan di kolong Tol Pelabuhan, tepatnya di seputaran Halte Busway Jembatan Tiga, Penjaringan, Jakut.

Ribuan orang yang berasal dari 33 kelurahan yang ada di Jakarta ini, seperti dari kawasan Pasar Ikan dan Kalijodo bersama-sama berteriak di bawah jembatan mendengungkan kata “Tolak Penggusuran”.

Ketua Umum Serikat Perjuangan Rakyat Indonesia (SPRI) Marlo Sitompul mengatakan, kongres ini merupakan salah satu penyatu rakyat yang menjadi korban gusuran. Mereka berkumpul menuntut agar Ahok tak sewenang-wenang dalam membuat kebijakan.

Warga mengatakan Kami akan lawan Ahok si raja gusur, kita bisa lihat (kampung) Akuarium, Kalijodo, dan daerah gusuran lainnya. Kini daerahnya menjadi terlantar, tak diapa-apakan setelah digusur oleh Pemprov DKI.

Ribuan warga yang berkumpul dalam kongres tersebut merupakan warga miskin. Namun, ada sebagian warga yang sejatinya memiliki sertifikat tanah dan rumahnya, tapi tempatnya itu malah digusur Pemprov DKI dan tak diberikan ganti apapun.

Maka itu, kita gelar kongres ini tolak penggusuran ini. Kita melakukan kesepakatan bersama dan seruan bersama untuk menghadapi penggusuran

Leave a Comment