Share

Polsek Metro Taman Sari Tangkap Sindikat Penipuan Berkedok Gendam

BIDHUMAS PMJ – Jakarta Barat, Selasa (26/04/2016).

Reskrim Polsek Metro Taman Sari Polres Metro Jakarta Barat menangkap enam orang pria pelaku penipuan berkedok gendam. Para pelkau diketahui kerap menipu beberapa korbannya dengan kedok akan mendapatkan keuntungan.

Kanit Reskrim Polsek Metro Taman Sari, Kompol Guruh Chandra menceritakan, aksi para pelaku terkuak dari adanya laporan warga yang menjadi korban penipuan berkedok gendam oleh enam sekawan. Keenam pelaku yakni Wahyu Hidayat (34), Junaedi (43), Yopi Aruman (52), Edy (54), Deden Rodendi (34), dan Muhayadi (36).

“Para pelaku biasanya beraksi di sekitaran Jalan Jembatan Batu, Pinangsia Tamansari,” kata Kompol Guruh, Selasa (26/4).

Menurut Kompol Guruh, dalam beraksi para pelaku mendatangi korban yang tengah berjalan kaki atau mengendarai sepeda motor. Sindikat ini kemudian memberitahukan bahwa mereka memiliki batu dan paku yang memiliki kekuatan magic.

Apabila tertarik dan ingin memiliki, korban harus mengikuti ritualnya. Caranya, korban membawa batu dan paku tersebut berjalan kaki sejarak 100 meter sambil pandangan mengarah terus ke depan dan tidak boleh menoleh ke belakang.

Kemudian barang yang ditinggalkan korban seperti kendaraan ataupun barang-barang lainnya langsung dibawa kabur pelaku. Korban yang tak sadar kemudian tak bisa berbuat apa-apa, karena kebanyakan sindikat ini selalu menggunakan kendaraan jika tengah melarikan diri.

“Saat ditangkap para pelaku tidak melakukan perlawanan, mereka masih mengikuti proses pemeriksaan lanjut,” tutur Kompol Guruh
Kini, kepolisian masih mempelajari dan melakukan mapping terhadap modus dan kejahatan para pelaku. Kompol Guruh menyakini, bahwa sindikat ini tak hanya melakukan aksinya di wilayah Taman Sari juga, melainkan di beberapa kawasan lainnya.

Sementara, para pelaku dijerat dengan pasal 378 KUHP dengan ancaman kurungan 6 tahun penjara.

Leave a Comment