Share

Polda Metro Jaya Bongkar Gudang Beras Oplosan di Tangerang

BIDHUMAS PMJ – Tangerang, Selasa (26/04/2016).

Polda Metro Jaya bongkar gudang pengoplos beras tidak layak konsumsi di area Pergudangan Pantai Indah Dadap Blom BM No. 20, Jalan Raya Dadap Perancis, Kosambi Timur, Tangerang. Sebelumnya gudang ini digrebek petugas Kamis, 21 April 2016 lalu.

Diketahui beras tersebut dicampur dengan bahan kimia pemutih beras. Dalam penggerebekan tersebut, petugas berhasil mengamankan satu orang pelaku yaitu AM yang merupakan pemilik gudang, dan tiga lainnya yang merupakan mandor serta karyawan yaitu Inang, Anin dan Deddy.

Dir Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes (Pol) Mujiono mengatakan kalau beras yang dijual adalah beras tidak layak konsumsi.

“Pelaku mencampur beras Vietnam yang sudah rusak dan tidak layak konsumsi dengan beras menir. Kemudian dioplos lagi dengan beras Slyp Super cap Kembang kemudian beras berkualitas super Cap Stawberry dan Kurmo,” kata Kombes Pol Mujiono, Selasa (26/4).

Ditambahkan Kombes Pol Mujiono bahwa penggerebekan ini berkat adanya laporan yang mengatakan kalau beras yang dijual berkutu dan berbau.

“Setelah dilakukan pengecekan di laboratorium ternyata beras tersebut mengandung bahan kimia pemutih beras yang jelas berbahaya untuk kesehatan tubuh,” tegas Kombes Pol Mujiono.

Beras yang dijual dikemas dalam karung 15 kg, barang bukti yang diamankan di gudang adalah 900 karung beras dengan merk Bulog. 100 karung beras dengan berbagai merk beras berkualitas super, 4 buah mesin jahit karung, 5 karung beras hasil oplosan, 70 karung beras Bulog adal negara Vietnam, timbangan beras, karung yang masih kosong, 3 buku surat jalan keluar barang, bahan kimia yaitu 20 karung sulfur untuk memutihkan beras, 15 karung soda api, 5 karung sodium, 10 jerigen hiprok.

Leave a Comment