Share

Peran Biddokes Pada Kedokteran Forensik

BIDHUMAS PMJ – Jakarta, Selasa (26/04/2016).

Sekitar pukul 11.00 wib di aula Gatot Soebroto Rindam Jakarta Timur. Kabiddokkes Polda Metro Jaya Kombes Pol Dokter Musyafak.

Memberikan materi tentang peran Kedokteran Kepolisian (Doksik) & pengenalan operasional DVI pada giat apel dansat jajaran Kodam Jaya.

Beliau menjelaskan bahwa ilmu Kedokteran Forensik adalah salah satu cabang spesialistik ilmu kedokteran yang memanfaatkan ilmu kedokteran untuk membantu penegakan hukum, keadlan dan memecahkan masalah-masalah di bidang hukum.

1. Otopsi medikolegal dalam pemeriksaan mengenai sebab-sebab kematian, apakah mati wajar atau tidak wajar. Penyidikan ini juga bertujuan mencari apa yang sebenarnya terjadi dari satu kasus.
2. Identifikasi mayat
3. Meneliti kapan kematian itu berlangsung “time of death”
4. Penyidikan pada tindak kekerasan seperti kekerasan seksual, kekerasan terhadap anak di bawah umur, kekerasan dalam rumah tangga
5. Pelayanan penelusuran keturunan
6. Dan di negara maju kedokteran forensik juga mengkhususkan dirinya pada bidang kecelakaan lalu lintas akibat pengaruh obat-obatan “driving under drugs influence”. Bidang ini di Jerman dikenal dengan “Verkehrsmedizin”. Dalam praktiknya, kedokteran orensik tidak dapat diisahkan dengan bidang ilmu lainnya seperti toksikologi forensik, serologi/biologi molekuler forensik, odontologi forensk dan juga bidang ilmu lain.

Leave a Comment