Share

Penerobos Jalur Busway akan Dikenai Sanksi Denda

BIDHUMAS PMJ – Dki Jakarta, Rabu (27/04/2016).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali akan menindaklanjuti sterilisasi jalur busway. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya agar headway bus Transjakarta tercapai, yaitu 2 hingga 5 menit. Pihaknya pun melakukan koordinasi dengan Pengadilan Negeri, Kejaksaan, dan Ditlantas Polda Metro Jaya.

“Kami sudah melakukan koordinasi, jadi nantinya akan diterapkan denda maksimal Rp 500.000,” kata Sunardi Sinaga, Wakil Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI, ketika dihubungi, Selasa (26/4/2016).

Denda maksimal tersebut, sesuai UU No. 22 tahun 2009 tentanglalu lintas dan angkutan jalan yaitu denda Rp 500.000 atau kurungan dua bulan penjara.”Kami sudah koordinasikan. Jadi bagi kendaraan yang masuk jalur busway, akan dikenakan denda maksimal. Hal ini kami lakukan sebagai upaya memberikan efek jera bagi pelanggar,” tegasnya.

Dengan denda tersebut, dilakukan karena selama ini, masih banyaknya pengendara yang menerobos jalur busway. Bahkan, kerap mengakibatkan kecelakaan akibat pengendara yang menerobos jalur busway tersebut.

“Kami harap bisa memberikan efek jera. Dengan denda maksimal, setidaknya bisa membuat pengendara berpikir lagi untuk menerobos jalur busway. Dengan denda ini, maka headway bus TransJakarta bisa tercapai 2 sampai 5 menit,” katanya. Dengan headway yang tercapai tersebut, maka diharapkan pengendara kendaraan pribadi, penumpang juga bisa beralih ke busway.

Sementara itu, Kepala Humas PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Prasetia Budi mengatakan bahwa hingga saat ini, pihaknya terus melakukan pembangunan separator busway.

Agar nantinya, pengendara tidak lagi bisa menerobos jalur busway yang hingga kini banyak posisi separatornya cukup rendah.”Kami sekarang bangun separator yang cukup tinggi, yaitu 30 cm sampai 50 cm. Agar tidak ada lagi pengendara yang menerobos,” katanya. Saat ini, pembangunan separator sedang berjalan di koridor 5 Ancol-Kampung Melayu dan koridor 6 Dukuh Atas 2-Ragunan.

Leave a Comment