Share

Pam unras oleh FKMPAP didepan kantor PELNI Jln.Gajah Mada Gambir Jakpus.

BIDHUMAS PMJ – Jakarta Pusat, Senin (18/04/2016).

Pada hari Senin tanggal 18 April 2016 pukul 12.35 Wib, bertempat di Kantor Pelni No.14 Jln. Gajah Mada Jakarta Pusat, telah berlangsung kegiatan unras dari Front Komunikasi Mahasiswa Pemuda Anti Pungli (FKMPAP).

Jumlah massa 15 orang, pimp. Ramli dan Chandra Fadirubun. Dengan Maksud dan tujuan meminta Dirut PT. Pelni mundur dr jabatannya krn diduga masih adanya pungli di kawasan Pelabuhan Tj Priok Jakarta Utara.

Adapun tuntutan massa aksi dari Front Komunikasi Mahasiswa Pemuda Anti Pungli (FKMPAP) yaitu :
1. KAPOLRI agar segera memberikan saksi yang tegas kepada oknum Polisi yang terlibat dalam kasus pungutan liar di pelabuhan tanjung priuk.
2. KAPOLRI agar segera memecat oknum Polisi yang melakukan pungutan liar di pelabuhan tanjung priuk.
3. meminta kepada PT PELNI agar segerah memecat pegawainya yang melakukan pungutan liar di pelabuhan Tanjung priuk
4. Meminta kepada menteri perhubungan agar segera memecat Dirut Pelni, krn selama ini masih terjadi atau begitu banyak pungutan liar di pelabuhan tanjung Priok.
5. meminta kepada Kapolres Tanjung Priuk agar segera bertanggung jawab atas sewaktu oknum Polisi yang melakukan pungutan liar di pelabuhan Tanjung Priuk

Orasi disampaikan oleh Sdr Acil : “.., pegawai Pelni dan Oknum Kepolisian tersebut memberikan contoh yang baik tehadap masyarakat yang memakai jasa Pelni untuk pengiriman barang, adanya tindakan yang dilakukan pegawai PT.Pelni dan oknum Kepolisian yang melakukan pungutan liar telah melanggar aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, kejadian pungli terjadi ketika masyarakat memakai jasa Kapal Tidal untuk mengirim barang (Kaca Mobil) ke Maluku Tenggara namun saat barang tersebut dimasukan kedalam kapal, oknum pegawai Pelni meminta uang dan terjadi tawar menawar sehingga disepakati Rp.250.000 dan didekat oknum Pelni tersebut ada Polisi, maka kami menuntut dengan tegas agar pelabuhan tangjung priok di bersihkan dari praktek pungli…”.

Massa aksi juga membawa Alat Peraga yang digunakan, berupa :
– 1 buah Mega phone
– spanduk/poster. Pada jam 13.13 Wib masa aksi dari Front Komunikasi Mahasiswa Pemuda Anti Pungli (FKMPAP) 2 orang perwakilan masa aksi di terima di ruang rapat Direktur SDM dan Umum PT.Pelni Jl.Gajah Mada Jakarta Pusat Bapak Datep Purwa Saputra (Direktur SDM dan UMUM).

Adapun yg disampaikan perwakilan massa aksi yaitu :
1. Masih adanya pungutan liar yang terjadi di Pelabuhan Tj. Priok.
2. Tindakan oleh oknum PT. Pelni yang mengaku bernama Budi yg meminta uang kepada saudara dari Sdr. Chandra sebesar Rp. 300.000, pada saat ingin mengirim barang kaca mobil ke Maluku Utara dengan alasan bahwa barang tersebut melebihi muatan sehingga Oknum PT. Pelni (Sdr. Budi) meminta uang agar barang tersebut dapat dinaikan ke atas kapal, maka dari itu terjadi tawar menawar dengan sdr. Budi, saudara dari Chandra sempat merekam kejadian tersebut.

Adapun tanggapan dari Bapak Datep Purwa Saputra (Direktur SDM dan UMUM) diantaranya :
1. Kami berterimakasih kepada para adek adek mahasiswa yang telah datang untuk memberikan masukan kepada kami, apalagi dalam rangka mendukung Kebijakan Nawacita Bp. Joko Widodo dan poros maritim, dengan adanya laporan ini, masukan ini saya berterimakasih, apabila memang benar terbukti terkait adanya pungli di pelabuhan tanjung priok, saya akan langsung berikan sanksi, akan saya tindak. Apalagi kepala cabang tanjung priok itu baru menjabat.
2. Memang seharusnya barang tentengan yg besar tidak boleh dibawa menaiki Kabin Kapal, tetapi harus berada di dalam Bagasi, disitu ada kesalahan juga yg seharusnya tidak boleh dibawa menaiki kabin, ini pun menjadi masukan untuk pembenahan manajemen.
3. Saya meragukan apa benar itu merupakan pegawai PT. Pelni, karena semua pegawai PT. Pelni memakai seragam resmi PT. Pelni.
4. Saya akan cek kepada kepala cabang maupun managemen pelabuhan Tj. Priok, apakah ada yg bernama Budi sebagai karyawan PT. Pelni Pelabuhan Tj. Priok.
5. Aspirasi keluh kesah adek adek saya tampung, hari ini juga akan kita tindak lanjuti dan apabila ada akan langsung saya berikan tindakan tegas.

Pada pukul 14.00 wib petermuan masa aksi dari Front Kombunikasi Mahasiswa Pemuda Anti Pungli (FKMPAP) dengan PT.Pelni selesai selanjutnya perwakilan masa aksi kembali ke masa yang lainnya. Kuat Pam Polsek Metro Gambir 20 pers, Kapam Obyek Kanit Patroli Polsek Metro Gambir Kompol Warsito, SH.

Leave a Comment