Share

Subdit VI Ditreskrimum Berhasil Mengamankan Pelaku Penyelundupan Kendaraan Roda 4

BIDHUMAS PMJ – Ditreskrimum PMJ, Jum’at (11/03/2016).

Hasil pengembangan Penyelundupan R4 dan dilakukan penangkapan oleh unit 3 Subdit Ranmor pimpinan Kompol Mirzal pada hari Selasa (08/03/2016) pukul 14.00 wib di “rumah makan Ayam Bandung” Sragen, Jawa Tengah berhasil melakukan penangkapan 1 orang DPO tersangka an MA alias GH sebagai perantara pemodal dari Dilli Timor Leste (sodara RS) yang terkait dengan kasus LP. A nomor LP/185/III/2016/PMJ/UM kasus Tindak Pidana penyelundupan, penadahan (481) dan TPPU berikut barang bukti sebagai berikut :

A. 12 (dua belas) rekening koran atas nama MA.
B. 2 ( dua) buah buku tabungan Bank Mandiri.
C. 6 (enam) buah buku BPKB.
D.1 (satu) buah HP BlackBerry warna putih
E. 20 (dua puluh) faktur kendaraan bermotor.

Dari hasil interogasi awal pelaku mendapatkan transfer dana dari sodara RS (WNA asal Dilli Timor Leste) untuk mengumpulkan kendaraan yang akan diselundupkan ke Dili, Timor Leste dengan menggunakan konteiner MERATUS melalui Pelabuhan Tanjung Priok.

Tersangka menyiapkan dana dari sodara RS yang dipergunakan untuk Mengajukan aplikasi pembiayaan fiktif dan kendaraan tersebut akan dikirim ke Dilli Timor Leste tanpa dilengkapi surat surat.

Hasil pemeriksaan terhadap tersangka MA alias GH dan dari data yang ada, telah melakukan pengiriman ke Dilli Timor Leste sebanyak 5 (lima) tahap dengan jumlah total 60 Kendaraan Roda Dua (2) dan 14 Kendaraan Roda Empat (4) berbagai jenis.

Pihak Subdit Ranmor berkoordinasi dengan pihak Bea Cukai untuk melakukan penarikan barang bukti dalam conteiner yang sudah berada di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya sebanyak kurang lebih 8 (delapan) konteiner, melakukan pemeriksaan terhadap saksi dan tersangka, mencari dan mengumpulkan barang bukti lain, melakukan pencarian terhadap tersangka RS (pemodal) dan melengkapi administrasi penyidikian.

Leave a Comment