Share

Polda Metro Jaya Tangkap Sales Kartu Kredit Gadungan Gelapkan Ratusan Juta

BIDHUMAS PMJ – DKI Jakarta, Minggu (06/03/2016).

Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap seorang sales marketing kartu kredit, Imam Zahali (31) lantaran menipu korban dengan modus menaikkan limit kartu kredit tanpa dikenakan biaya. Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya, AKBP Herry Heryawan mengatakan, kasus tersebut terungkap usai laporan dari salah seorang korban pada 1 Februari 2016. Pelaku menipu korbannya dengan mengaku bekerja sebagai sales dari credit card center.
“Saat telefon korban mereka mengaku sebagai orang dari credit card center dan menawarkan akan menaikan limit kartu korban sebesar dua kali lipat tanpa biaya administrasi,” kata AKB Herry dalam keterangannya, Sabtu (5/3/2016).

Alhasil, korban pun termakan bujuk rayu tersangka. Usai terbuai oleh rayuan via sambungan telefon, korban diajak bertemu di sebuah lokasi. Pelaku kemudian meminta korban untuk menyerahkan kartu kreditnya yang lama dengan alasan akan diganti dengan yang baru dengan limit yang lebih besar seperti yang dijanjikan.
Setelah kartu itu dipegang, pelaku menggunting kartu itu di hadapan korban. Setelahnya korban diminta untuk menanda tangani aplikasi pembukaan kartu kredit baru.
“Setelah data didapat, pelaku buat KTP palsu sesuai data nasabah tadi. Kartu kredit yang digunting tadi ditempel lagi,” ujar AKBP Herry.
Hingga kini, sudah ada 25 korban dengan total kerugian Rp250 juta yang termakan bujuk rayu pelaku. Polda Metro Jaya pun melakukan pengejaran terhadap pelaku lainnya.
“Ada satu pelaku lagi. Perempuan, namanya Vika. Dia masih kami kejar,” pungkas AKBP Herry. (egs)

Leave a Comment