Share

Pelaku Penipuan Dan Penggelapan Telah Diamankan Subdit VI Ditreskrimum PMJ

BIDHUMAS PMJ – Reskrimum PMJ, Rabu (02/03/2016).

Unit 2 Subdit Ranmor pimpinan Kompol Nyamun pada hari Selasa (01/03/2016) pukul 15.00 wib di Puri Permata Buana Pulau Matahari 8 Blok B7 No 17, Kembangan, Jakarta Barat, telah di lakukan penangkapan terhadap pelaku tindak pidana penipuan dan atau penggelapan an pelapor / korban Pranoto.

Tersangka MA alias ST, (48 tahun), beralamat Perum Permata Buana Pulau Matahari Jakarta Barat. Modus tersangka ialah menyanggupi perbaikan mobil milik korban dengan biaya Rp 750 juta, namun setelah dana dikirim ke rek BCA an tersangka sesuai yang telah disepakati tetapi tidak juga dilakukan perbaikan.

Kronologis kejadian pada 14 Februari 2014 lorban membeli mobil Audi R8 tahun 2011 di Showroom William Mobil di Pondok Indah seharga Rp 2,8 Milliar, setelah 2 bulan dibeli dan dipakai, Mobil tiba-tiba mesin mobil mati kemudian dibawa ke Bengkel Ivan Motor. Setelah di bengkel pada 25 April 2014 mobil dilakukan pengecekan oleh saksi Khusnul Yaqin selaku servis advisor bengkel Ivan Motor, kesimpulan pada bagian Engine dan Short Block harus diganti dengan estimasi biaya Rp 1.323.948.400. Estimasi biaya perbaikan setelah di acc oleh tersangka selanjutnya tersangka hubungin korban dan memberitahu besarnya biaya untuk perbaikan, tersangka meyakinkan korban bahwa dirinya bisa melakukan perbaikan dengan biaya lebih murah sebesar Rp 750 juta, korban tertarik kemudian kirim dana dalam dua tahap ke Rekening BCA an Tersangka.

Setelah dana dikirim, tersangka memberitahu kepada korban bahwa mesin telah dipesan dari Singapura dan sudah siap dikirim namun sampai LP dibuat mobil tidak diperbaiki dan mesin yang dijanjikan dipesan dari Singapura tidak pernah datang dan dananya telah dipergunakan untuk kepentingan lain.

Kemudian Subdit VI Ditreskrimum telah mengamankan tersangka dengan barang bukti 2 lembar slip setor uang sebesar Rp 250 juta dan Rp 500 juta, Tanda terima 1 unit mobil Audi tanggal 9 Juni 2015 yang ditanda tangani oleh tersangka dan 1 lembar Inspection Check List mobil Audi B 11 RAK.

Subdit VI saat ini melakukan pemeriksaan terhadap tersangka dan melengkapi penyelidikan dengan memeriksa saksi-saksi dan korban.

Leave a Comment