Share

Pelaku Penipuan Bermodus Jual Beli Rumah, Ditangkap di Bojonggede

BIDHUMAS PMJ – Depok, Selasa (01/03/2016).

Menipu puluhan orang bermodus jual beli rumah, seorang laki-laki paruh baya ditangkap anggota buser Polsek Bojonggede di rumahnya Kampung Kelapa, Desa Rawa Panjang, Bojonggede, Senin (29/2).

Tersangka MS,45, tidak dapat berkutik saat disergap petugas dipimpin Kanit Reskrim Polsek Bojonggede Iptu Ahmadi. MS ditangkap di rumahnya saat sedang bersama keluarga. Perbuatan pelaku yang telah melakukan penipuan berdalih bisa membangun rumah tersebut telah menipu puluhan orang dengan kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Kapolresta Depok Kombes Pol. Dwiyono, SiK, MSi mengatakan pria yang hanya mengecap pendidikan bangku SD ini hanya bisa pasrah saat petugas menangkapnya. Pasalnya perbuatan menipu yang telah dilakukan pelaku terjadi dalam waktu tahunan hingga puluhan korbannya.

“Modus pelaku menawarkan pembeli yang sedang mencari rumah lalu ditawarkan pelaku dengan menunjukan tanah kosong milik orang lain,” ujar Kapolresta Depok didampingi Kapolsek Bojonggede Kompol I Ketut Kopi Asditha kepada Humas Polresta Depok di ruang kerjanya.

Kapolresta Depok menyebutkan, terbongkarnya akal bulus pelaku berdasarkan laporan dua orang korban yang telah menjadi korban penipuan dari pelaku.

“Kedua korban yang telah membuat laporan resmi di Polsek Bojonggede yaitu Jadmiko Agus Widodo,32, kerugian mencapai Rp53 juta, lalu Edi,37, warga Pasar Minggu Jakarta telah ketipu kerugian mencapai Rp.24 juta,” paparnya.

“Pelaku kita kenakan pasal 378 jo 374 KUHP tentang penipuan dan penggelapan dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara,”tegasnya.

Kapolres menghimbau kepada masyarakat sebelum transaksi agar lebih dahulu melakukan pengecekan rumah yang akan dibangun ada atau tidak. Selain itu kepemilikan tanah tersebut sudah sesuai untuk keperuntukannya atas orang bersangkutan.

Leave a Comment