Share

Lagi 6 Kapal Dogol Ditilang Sat Polair Polres Kep Seribu

BIDHUMAS PMJ – Kepulauan Seribu, Senin (14/03/2016).

Sat Polair Polres Kepulauan Seribu melaksanakan kegiatan Patroli penertiban kapal nelayan Cantrang di perairan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu Selatan.

Dengan menggunakan Kapal Patroli, Tim Patroli pimpinan Kanit Patroli Sat Polair beserta personil Sat Polair dan Intelkam Polres bergabung dengan anggota Polsek Kepulauan Seribu Selatan.

Kasat Polair Polres Kepulaian Seribu AKP Fredy Yudha Satria S.ST mengatakan ” kegiatan penertiban kapal nelayan di sekitar Pulau Lancang ini sesuai dengan laporan dari masyarakat yang resah karena ada kapal-kapal nelayan Cantrang dari Tangerang yang beroperasi dengan jarak 2-3 mil dari Pulau Lancang yang dilarang oleh peraturan dari Kementerian Perikanan dan Kelautan Republik Indonesia. Selain itu Kapal Cantrang tersebut juga dapat merusak terumbu Karang dan bubuh milik masyarakat pulau Lancang” AKP Kata Fredy.

Sebanyak enam Kapal Cantrang berhasil ditindak oleh tim Patroli dengan cara ditilang sesuai dengan Pasal 29 ayat 2 PERMEN KP RI no. 17/MEN/2006 tentang usaha perikanan tangkap bahwa didalam SIUP (Surat ijin usaha perikanan) disebutkan bahwa jaring cantrang hanya boleh beroperasi minimal enam mil dari bibir pantai, dan SIPI (Surat ijin penangkapan ikan) dimana di dalam SIPI disebut kapal ikan/cumi di atas 30 GT dapat beroperasi minimal 60 mil dari daratan.

Leave a Comment