Share

Hakim I Wayan Merta Tolak Permohonan Jessica, Ini Alasannya

BIDHUMAS PMJ – Jakarta, Selasa (01/03/2016).

Hakim tunggal I Wayan Merta menolak permohonan tersangka dugaan pembunuhan terhadap Wayan Mirna Salihin alias Mirna, Jessica Kumala Wongso di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (1/3/2016). “Menimbang bahwa setelah hakim praperadilan mencermati tindakan-tindakan termohon praperadilan berdasarkan surat bukti T 1 sampai surat bukti T 23, ternyata tindakan-tindakan tersebut telah sesuai dengan ketentuan UU No 8 Tahun 1981 tentang kitab UU Hukum Acara Pidana, khususnya pasal-pasal yang berkaitan dengan pasal penahanan.

Maka oleh karena itu termohon praperadilan melakukan penahanan Jessica Kumala Wongso adalah sah menurut hukum,” kata Hakim Wayan di Ruang Kartika I Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jalan Bungur Raya, Kemayoran, Selasa (1/3/2016).

Hakim Wayan juga menilai, oleh karena penahanan Jessica sebagai pemohon adalah sah menurut hukum, tidak ada alasan bagi hakim untuk memerintahkan termohon praperadilan untuk segera mengeluarkan tersangka dari tahanan Polda Metro Jaya dan mengangkat cekal yang bersangkutan.

“Menimbang atas alasan tersebut maka oleh karena itu, permohonan praperadilan ditolak seluruhnya. Menimbang bahwa dalam perkara ini menyatakan biaya perkara nihil,” kata Hakim Wayan.
Dalam putusannya, Hakim Wayan juga menolak eksepsi dari pemohon praperadilan seluruhnya.

“Dalam pokok perkara menolak pemohon praperadilan seluruhnya. Demikian diputuskan hari ini, Selasa 1 Maret 2016,” kata Hakim Wayan. (edo)

Leave a Comment