Share

3 Pencuri Spesialis Baterai BTS Dibekuk Petugas Polsek Pancoran

BDIHUMAS PMJ – Jakarta Selatan, Rabu (02/03/2016).

Petugas Reskrim Polsek Pancoran mengamankan 3 orang pria yang kedapatan mencuri baterai Tower BTS di Duren Tiga, Senin (29/02/2016) malam. SP (34 tahun), IP (34 tahun) dan TR (21 tahun) diamankan usai melakukan aksinya mempreteli 8 unit baterai cadangan yang ada di tower BTS milik PT HW. Ketiganya tidak dapat mengelak perbuatannya saat aparat Kepolisian bersama dengan petugas patroli dari PT HW menggeledah dan menanyakan identitas serta surat tugas resmi.

Berdasarkan keterangan Kasubbag Humas Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Purwanta saat memberikan keterangan pers di Polsek Pancoran Rabu (02/02/2016) bahwa petugas Polsek Pancoran berhasil mengamankan 3 orang pria yang diduga mencuri 8 unit baterai tower BTS. Menurut Purwanta yang juga didampingi oleh Kanit Reskrim Polsek Pancoran AKP Rudy Dalby dan Panit I Reskrim Ipda I Made Oka Subawa, saat ini ketiganya sedang dilakukan pemeriksaan oleh penyidik Polsek Pancoran.

“Jadi pada awalnya, sekitar pukul 23.00 wib petugas piket Reskrim Polsek Pancoran sedang melakukan observasi lapangan dan mendapat informasi bahwa ada 3 orang pria yang kedapatan oleh petugas patroli internal PT HW membongkar baterai cadangan di Tower BTS di Gang Manunggal III B Rt.08/07 Kelurahan Duren Tiga,” jelas Aswin.

Saat digeledah oleh anggota kami dan petugas dari PT. HW, didapati 8 unit baterai tower BTS sudah ada didalam mobil yang dibawa oleh tersangka, lanjut Purwanta. Disinggung nilai kerugian dari ulah pebuatan SP, IP dan TR tersebut, Purwanta menjelaskan bahwa berdasarkan info yang didapati dari petugas PT HW yang melaporkan kejadian itu, perusahaan diperkirakan menderita kerugian sebesar 20 Juta Rupiah.

Sedangkan AKP Dalby menjelaskan bahwa para tersangka telah beberapa kali melakukan aksinya.
“Berdasarkan keterangan pada saar pemeriksaan, mereka telah melakukan perbuatan itu sebanyak 3 kali. Namun kami tetap mendalami benar tidaknya keterangan tersebut,” ujar Dalby.

Penyidik mengenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman kurungan penjara paling lama 7 tahun penjara kepada SP, IP dan TR. Dan saat ini, ketiga orang tersebut beserta barang buktinya berupa 8 unit baterai BTS dan 1 unit Mobil GrandMax serta peralatan untuk membongkar BTS telah diamankan di Polsek.

Leave a Comment