Share

Sosialisasi bahaya makanan berformalin

BIDHUMAS PMJ – Dit Krimsus PMJ, Sabtu (20/02/2016).

Kasi Korwas PPNS Direktorat Reskrimsus Pmj bersama Balai POM dan Dinas peternakan dan perikanan Dki Jakarta melaksanakan Sosialisasi bahaya makanan berformalin pada hari Kamis tgl 18 pebruari 2016 di Pd Pasar Jaya Jakarta.

Seperti yang kita tau Senyawa kimia formaldehida (juga disebut metanal, atau formalin), merupakan aldehida dengan rumus kimia H2CO, yang berbentuknya gas, atau cair yang dikenal sebagai formalin, atau padatan yang dikenal sebagai paraformaldehyde atau trioxane.

Pada umumnya, formalin terbentuk dari hasil pembakaran bahan yang mengandung karbon dan terkandung dalam asap pada kebakaran hutan, knalpot mobil, dan asap tembakau. Dalam atmosfer bumi, formalin dihasilkan dari aksi cahaya matahari dan oksigen terhadap metana dan hidrokarbon lain yang ada di atmosfer. Formalin dalam kadar kecil sekali juga dihasilkan sebagai metabolit kebanyakan organisme, termasuk manusia.

Formalin merupakan larutan komersial dengan konsentrasi 10-40% dari formaldehid. Bahan ini biasanya digunakan sebagai antiseptic, germisida, dan pengawet. (edo)

Leave a Comment