Share

Setiap Pengguna Jalan Wajib tertib Berlalu lintas

BIDHUMAS PMJ – Cikarang, Senin (01/02/2016).

“Pak biasanya juga gak papa… Kenapa kok baru hari ini di razia.. Rumah saya di belakang situ pak.. Saya jualan di ruko seberang itu pak…” Demikian berbagai ragam hal dan ungkapan kekesalan para pelanggar yang diberikan tindakan pada saat Polisi Lalu Lintas Polresta Bekasi melakukan penindakan pelanggaran kasat mata di sepanjang jalur pecenongan (cikarang baru) tadi pagi.

Sesuai dengan pasal 258 UU.No.22 thn 2009 ttg LLAJ “Masyarakat wajib berperan serta dalam pemeliharaan sarana dan prasarana jalan, pengembangan disiplin dan etika berlalu lintas, dan berpartisipasi dalam pemeliharaan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas dan angkutan jalan”. Oleh karena itu Kapolresta Bekasi Kombes Pol M Awal Chairuddin,SIK,MH menekankan bahwasanya masyarakat di wilayah hukum Polresta Bekasi wajib mentaati peraturan berlalu lintas, “Masyarakat kabupaten bekasi sy himbau untuk dapat menjadi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas”.

Data yang dihimpun sepanjang tahun 2015 telah terjadi 857 laka lantas di wilayah hukum Polresta Bekasi dengan rincian 80 meninggal, 813 luka berat dan 211 luka ringan, oleh karena itu jajaran Sat Lantas Polresta Bekasi akan melakukan penindakan secara represif untuk pelanggaran mata di sepanjang tahun 2016 ini.

Kasat Lantas Polresta Bekasi Kompol Argo menegaskan bahwa tertib berlalu lintas tidak memandang tempat atau lokasi pengguna jalan, dimanapun sesorang akan menggunakan jalan wajib berperilaku tertib dan mematuhi ketentuan berlalu lintas sesuai dengan amanah undang-undang no.22 tahun 2009 ttg LLAJ pada pasal 105 dan 106.

Sepanjang jalan di pecenongan kerap ditemui pelanggaran baik lawan arus maupun tidak menggunakan helm, kami menghimbau agar masyarakat sadar tugas kami menertibkan dan melakukan penegakan hukum, jadi jangan menjadikan alasan karena “terbiasa” sehingga membenarkan pelanggaran tersebut, ke depan sepanjang jalur pecenongan ini akan kami jadikan Kawasan Tertib Lalu Lintas, tutup Kompol Argo. (egs)

Leave a Comment