Share

RAZIA KOST-KOSTAN DI PENGADEGAN

BIDHUMAS PMJ – Pangadegan, Senin (01/02/2016).

Pancoran – Camat Pancoran RM. Amien Haji, SE, MSi memimpin pelaksanaan razia gabungan kost-kostan pada Senin (01/02/2016) pagi. Bersama dengan petugas Polsek Pancoran Polres Metro Jakarta Selatan, Camat beserta jajarannya menyisir kost-kostan yang ada di sekitar Jl. Pengadegan Utara.

Dalam kegiatan tersebut, petugas gabungan memeriksa rumah-rumah yang dijadikan tempat kost. Dan hasilnya, 2 orang pendatang dengan identitas diluar wilayah Pancoran berhasil dijaring. Setelah didata, kedua orang tersebut diarahkan untuk membuat Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS) di kantor Kelurahan Pengadegan.

Amien Haji menjelaskan bahwa kegiatan razia gabungan tersebut dimaksudkan untuk mengantisipasi masuknya orang-orang yang tidak jelas ke wilayahnya.

“Kami tidak mau ada warga ataupun pendatang yang tidak jelas lalu menyebarkan paham radikal atau aliran sesat di wilayah kami,” ujar Amien.

Selain untuk mengantisipasi berkembangnya paham radikal dan penyebaran aliran sesat, masih menurut Amien, kegiatan razia gabungan tersebut juga dimaksudkan sebagai bentuk kepedulian dan pelayanan aparat pemerintah dalam menjamin keamanan warganya.

Kegiatan razia gabungan yang juga melibatkan unsur Kepolisian tersebut memang dilaksanakan secara dadakan. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi kebocoran informasi. Kanit Reskrim Polsek Pancoran Polres Metro Jakarta Selatan AKP Rusdy Dalby membenarkan langkah tersebut.

“Untuk lokasi razia kita rahasiakan sampai menjelang berangkat, jangan sampai penghuni yang ingin kita razia sudah tahu terus meninggalkan tempat,” jelas Dalby.

“Disini kita memback up pihak kecamatan Pancoran. Jika ditemukan pelanggaran atau tindak pidana, kita yang tangani. Diluar itu merupakan kewenangan pihak Kecamatan,” lanjutnya.

Walau sempat diguyur hujan deras, namun sebanyak 66 personel yang diterjunkan tetap sigap memeriksa satu-persatu kamar kost. Giat razia gabungan yang dimulai sejak pukul 09.00 wib sampai dengan pukul 11.20 wib berlangsung dengan kondusif. (egs)

Leave a Comment