Share

Polsek Serpong Tangkap Dua Pelaku Pemalsu Buku KIR

BIDHUMAS PMJ – Tangerang Selatan, Sabtu (20/02/2016).

Tangerang – Dua orang pelaku pemalsu buku KIR yang biasa beroperasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) diringkus unit Reskrim Polsek Serpong di wilayah Pasar Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu 20 Februari 2016.

Kedua pelaku yang diketahui bernama Hariyadi (27) dan Mahfudin alias Aceng (46) itu, menjalankan modus operandinya dengan membuat buku KIR, sticker uji KIR dan plat uji KIR palsu yang kemudian diserahkan pada setiap korbannya yang ingin mengurus perpanjangan.

Menurut Kepala Bagian Humas Polres Tangsel AKP Manshuri, kedua pelaku pemalsuan buku KIR diringkus usai korban yang bernama Amsyar (36) warga Pasar Kemis, Tangerang, curiga dengan tulisan dalam buku KIR-nya yang dihapus menggunakan cairan tertentu dan berbekas. Sementara mobilnya, tidak pernah diminta untuk dilakukan uji KIR oleh para pelaku. Mendapati hal itu, korban melaporkan peristiwa tersebut ke Polsek Serpong.

“Setelah mendapat laporan itu, kemudian pihak kepolisian menggeledah rumah para pelaku dan mendapati sejumlah barang bukti terkait pembuatan buku KIR palsu itu,” kata AKP Manshuri, Sabtu (20/02/2016).

Dari hasil penggeledahan, pihak kepolisian mengamankan sejumlah barang bukti berupa 17 buku KIR palsu, 200 lembar stiker uji KIR palsu, 3800 lembar plat uji KIR palsu, dua unit printer, satu unit laptop, 81 stempel berbagai lokasi, dua bak stempel, besi yg bertuliskan angka untuk plat uji KIR berikut palu serta tiga lembar kertas cetakan sablon dan dua kaleng cat pilog.

Kini kedua pelaku berikut barang buktinya telah diamankan ke Mapolsek Serpong untuk pengembangan lebih lanjut. Diduga, kedua pelaku sudah menjalankan aksinya selama satu bulan.

Leave a Comment