Share

Polsek Pancoran Latih Siswa Magang Polwan

BIDHUMAS PMJ – Jakarta Selatan, Kamis (18/02/2016).

Terhitung mulai hari Senin (15/02/2016) Polsek Pancoran Polres Metro Jakarta Selatan menerima kedatangan 12 Siswa Polwan dalam rangka praktek kerja lapangan (magang) selama kurang lebih 7 hari. Usai diterima oleh Wakapolsek Pancoran, AKP Suyud, kedua belas siswa Polwan tersebut langsung mengikuti kegiatan yang telah dijadwalkan oleh masing-masing mentor dari Polsek. Di waktu yang relatif singkat, mereka dituntut untuk belajar memahami dan mengerjakan berbagai tugas dalam fungsi Kepolisian di tingkat Polsek.

Seperti yang diungkapkan oleh Putri Ayu Anisa, salah satu siswa Polwan dari Den 1 C yang berkesempatan diwawancarai Kamis (18/02/2016) siang. Dirinya merasa senang bisa melakukan praktek kerja lapangan di lingkungan Polsek Pancoran. Karena menurut gadis kelahiran tahun 1996 tersebut, dirinya bersama rekan-rekan siswa Polwan lainnya dapat langsung menerapkan ilmu yang dipelajari selama pendidikan Kepolisian di SPN Lido.

“Walau baru beberapa hari menjalani, namun banyak pengalaman yang bisa dipetik oleh saya dan teman-teman,” ujar siswa Polwan yang akrab dipanggil Ayu tersebut.

Ayu juga menjelaskan, selama melaksanakan kegiatan, dirinya sangat terbantu dengan arahan yang diberikan oleh mentor-mentor Polsek Pancoran. Menurutnya, pada awal melaksanakan tugas-tugas Kepolisian dirinya merasa takut dan canggung namun berkat bimbingan dan arahan dari para mentor, sekarang lebih yakin dan percaya diri bila nanti saatnya bertugas.

“Selain menerapkan teori-teori tentang ilmu Kepolisian, kami juga banyak belajar tentang cara berkomunikasi yang baik dengan masyarakat secara langsung,” ucap Ayu.

Masih menurut dara manis yang sempat menimba ilmu di Fakultas Olahraga UNJ ini, dirinya bisa menilai bahwa masyarakat sangat mengharapkan kehadiran sosok Polisi yang bisa memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman yang baik. Oleh sebab itu, sudah menjadi tekadnya untuk menjadi abdi negara yang bisa mewujudkan harapan-harapan masyarakat tersebut.

Sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Putri Ayu, Ipda I Made Oka Subawa, SH selaku mentor turut menjelaskan tujuan dari pelaksanaan praktek kerja lapangan yang dilakukan oleh siswa Polwan tersebut.

“Disini kami memperkenalkan sekaligus membimbing para siswa Polwan tersebut tentang tugas-tugas Kepolisian yang dilaksanakan setiap harinya oleh anggota Polsek Pancoran. Dengan melibatkan langsung siswa tersebut dengan tugas dan rutinitas kami, diharapkan nantinya mereka langsung siap bertugas usai dilantik,” ujar I Made Oka.

“Dengan pola pendampingan melekat, kami berharap masukan dan arahan yang para mentor berikan dapat membentuk siswa Polwan tersebut menjadi calon Polisi yang profesional, humanis dan berkarakter sehingga dapat melayani dengan baik sesuai harapan masyarakat,” imbuh I Made Oka yang sehari-hari menjabat sebagai Panit I Reskrim Polsek Pancoran.

Leave a Comment