Share

Polsek Cikarang Selatan gelar simulasi penanganan aksi terorisme

BIDHUMAS PMJ – Bekasi Kabupaten, Jum’at (19/02/2016).

Sebagai upaya mengantisipasi terjadinya serangan teroris seperti yang terjadi beberapa waktu lalu di kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, Polsek Cikarang Selatan Resort Kota Bekasi melakukan simulasi anti teror.

Kapolresta Bekasi Kombespol M. Awal Chairuddin, SIK,MH melalui Kapolsek Cikarang Selatan Kompol Ardi Rahananto mengadakan, latihan simulasi teror dengan SOP yang sudah dibuat, sehingga harus dilakukan praktek agar semua anggota yang berlatih paham dengan tugasnya masing-masing. “Kami juga menguji kecepatan mereka bertindak, seperti layaknya kita berada di Group band ataupun Orkestra yang cepat dalam satu iringan musik yang sama” pungkasnya.

Dalam skenario simulasi penanganan teroris di Mapolsek Cikarang Selatan, diceritakan 2 orang tidak dikenal (OTK) dengan membawa ransel yang mencurigakan turun dari angkutan umum di pangkalan ojek depan Polsek Cikarang Selatan, setalah ditawari jasa ojek oleh salah seorang pengemudi ojek, namun 2 orang tersebut menolak sambil memperhatikan lingkungan sekitar. Lalu mereka berjalan ke arah pintu masuk Polsek sambil mengeluarkan senjata api jenis FN.

Piket jaga Polsek yang melihat kedua orang tersebut mengeluarkan senjata api langsung melaporkan temuannya ke KA SPKT. Selanjutnya SPKT melakukan sterilisasi di dalam kantor polsek termasuk mengamankan tamu yang datang dan melaporkan kejadian tersebut kepada Kapolsek dan Wakapolsek. Setelah mendapatkan arahan dari Kapolsek, SPKT menyiapkan perlengkapan senjata dan memberikannya kepada piket fungsi dan segera mengambil posisi menembak yang telah ditentukan. Tiba-tiba pelaku penyerangan mengeluarkan tembakan ke dalam Polsek mengenai kaca ruang SPKT, sontak saja masyarakat yang berada disekitar berhamburan melarikan diri takut menjadi sasaran tembak.

Karena dianggap sudah membahayakan keselamatan anggota Polri dan masyarakat sekitar, Kapolsek memerintahkan anggotanya untuk segera melumpuhkan pelaku. Akhirnya pelaku berhasil dilumpuhkan dengan cara ditembak hingga tewas di depan Polsek Cikarang Selatan. Setelah pelaku dipastikan tewas, Kapolsek melaporkan kejadian tersebut dan meminta bantuan dari Gegana Brimob untuk sterilkan tempat kejadian. Anggota pun segera memasang garis polisi di Tempat Kejadian Perkara (TKP). Setelah tim gegana tiba, diketahui bahwa pelaku membawa bom yang disimpan di ranselnya, lalu bom tersebut diamankan oleh penjinak bom ke mobil Jibom. Setelah steril barulah dilakukan identifikasi terhadap korban dan TKP dan mayat pelaku dibawa ke RS Polri Kramat Jati. (edo)

Leave a Comment