Share

Polresta Bekasi Kota Tangani Kasus Penipuan Lembaga Penyalur Kerja

BIDHUMAS PMJ – Bekasi Kota, Kamis (18/02/2016).

BEKASI – Kantor Lembaga Keluarga Kecil Mandiri (LKKM) Sejahtera yang merupakan sebuah yayasan penyalur tenaga kerja di Jalan Raya Kartini, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, dikepung ratusan pencari kerja.

Mereka menggeruduk kantor itu karena merasa ditipu oleh perusahaan jasa penyalur tenaga kerja tersebut. Aksi penipuan itu terbongkar setelah ratusan pencari kerja mengecek ke perusahaan yang dijanjikan lembaga untuk tes, ternyata hanya bohong belaka.

“Kami tadi ke perusahaan yang Lembaga ini minta untuk melakukan test di Kawasan Industri MM 2100. Tapi, pas sampai disana perusahaan itu tak bekerja sama dengan LKKM Sejahtera,” kata Sandi (25) salah satu pencari kerja, Kamis (18/2/2016).

Menurut Sandi, dirinya mengetahui lembaga penyalur tenaga kerja bodong itu setelah melihat iklannya melalui situs jejaring sosial facebook. Dan saat itu, dirinya pun tertarik untuk mendaftar di lembaga tersebut.

“Kami yang daftar dikenakan biaya Rp50 ribu dan sempat ikut tes fisik dengan berlari keliling lapangan sepak bola di Jalan Juanda, Bekasi Timur sebanyak lima kali,” ungkapnya.

Setelah mengikuti tes fisik, dia bahkan diminta melakukan medical check-up atau kesehatan. “Ternyata semua cuma modus agar kami semua percaya,” ujarnya.

Harapannya mendapatkan pekerjaan pun pupus. “Kita berharap dapat kerja malah kena tipu. Iklan yang mereka tawarkan sangat meyakinkan sampai akhirnya saya gabung,” ujarnya.

Pantauan di lokasi, aksi ratusan pencari kerja yang menggeruduk kantor lembaga penyalur tenaga kerja itu terus semakin ramai. Seorang polisi pun terlihat membawa satu orang dari dalam kantor di kantor Lembaga dengan sejumlah dokumen seperti kwitansi sebagai barang bukti ke Polresta Bekasi Kota. Belum diketahui siapa orang yang dibawa polisi itu.

Hingga saat ini, kasus tersebut masih dalam penyelidikan dan penanganan Polresta Bekasi Kota terkait penipuan yang dituduhkan ratusan para pencari kerja tersebut.

Leave a Comment