Share

Polda Metro Jaya Ungkap Kasus Usus Ayam Berformalin

BIDHUMAS PMJ – Jakarta, Selasa (16/02/2016).

Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya menggelar Press Release kasus usus ayam berformalin di Mako Dit Reskrimsus Polda Metro Jaya.

Kasubdit Indag Dit Reskrimsua Polda Metro Jaya AKBP Agung didampingi petugas BPOM dan Dinas Ketahanan Pangan mengatakan bahwa pengungkapan kasus ini berdasarkan laporan masyarakat yang langsung ditindaklanjuti petugas dengan mengecek ke TKP dan melakukan uji sample.

Berdasarkan uji sample yang dilakukan petugas Dit Reskrimum Polda Metro Jaya dengan BPOM diketahui bahwa dari 7 sample yang diuji terdapat 6 sample yang positif menggunakan formalin.

Petugas berhasil mengamankan seorang tersangka berinisial CTW di daerah Kembangan Jakarta Barat. Dari hasil keterangannya, tersangka melakukan pencampuran usus ayam dengan formalin dimulai tahun 2015 dan meraup keuntungan sebesar 6-7 juta tiap bulannya, namun petugas tidak mempercayai sepenuhnya karena dari keterangan masyarakat sekitar bahwa praktek tersebut telah berlangsung cukup lama.

Modus yang digunakan tersangka ialah mencampur formalin dengan air lalu dituangkan kedalam tong plastik yang berisi usus ayam, kemudian merebusnya lalu didinginkan menggunakan es batu agar usus ayam menjadi awet, bau amisnya berkurang fan teksturnya terlihat lebih kenyal.

Setelah itu tersangka mengedarkan usus ayam berformalin tersebut ke daerah sekitar Kembangan Jakarta Barat. Dalam kasus ini tersangka dijerat dengan pasal 136 huruf b jo pasal 75 ayat (1) UU RI No. 18 tahun 2012 tentang pangan, dengan ancaman pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak Rp. 10 milyar.

Kasubdit menghimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam membeli produk tersebut dan tidak perlu terlalu khawatir karena petugas Kepolisian bersama BPOM dan Dinas Ketahanan Pangan selalu melakukan pengawasan secara berkesinambungan terhadap industri-industri yang beredar di masyarakat.

Selain itu Kasubdit juga menghimbau kepada warga masyarakat agar melaporkan kepada petugas Kepolisian bila disekitar lingkungannya tercium bau busuk yang sangat menusuk dari suatu tempat produksi.

Leave a Comment