Share

Penjerat Leher Sopir Taksi di Depok Ditangkap Polisi

BIDHUMAS PMJ – Depok, Minggu (21/02/2016)

Satu dari dua pelaku percobaan perampokan terhadap sopir taksi Express B 1099 NTB, Sofyan Efendi (38) dengan cara berpura-pura sebagai penumpang lalu leher korban dijerat, Sabtu (20/2/2016) dini hari, berhasil dibekuk aparat Polresta Depok, Minggu (21/2/2016) dinihari.

Pelaku berinisial BS, yang dibekuk dari tempat tinggalnya di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.
Kasat Reskrim Polresta Depok, Komisaris Teguh Nugroho, menuturkan dibekuknya BS ini setelah pihaknya menemukan dompet pelaku yang tertinggal di dalam mobil taksi Express bernomor bodi GBC 042.
“Dari situ kita berhasil identifikasi salah satu pelaku dan membekuknya. Kami masih kejar satu pelaku lainnnya,” kata Teguh, Minggu.

Menurut Teguh, dari hasil pemeriksaan, BS mengaku berprofesi sebagai wartawan. “Ia juga menunjukkan kartu pers profesi wartawan kepada kami,” katanya.

Walaupun begitu, kata Teguh, pihaknya tetap mengamankan pelaku dan memprosesnya sesuai hukum yang berlaku.

Seperti diketahui, Sofyan Efendi (38) sopir taksi Express B 1099 NTB, bertindak tepat saat dirinya hendak dirampok dua penjahat, di Jalan Raya Bogor, Sukmajaya, Depok, Sabtu (20/2/2016) dinihari sekira pukul 04.30.
Ia langsung banting setir menabrakan kendaraanya ke tiang listrik di sisi jalan, saat dirinya dalam bahaya.
Saat itu satu pelaku perampokan yang duduk di belakang taksi, sudah menjerat leher Sofyan dengan tali plastik.
Sementara pelaku lainnya yang duduk di samping Sofyan bersiap mengambil alih kemudi, begitu Sofyan tak berdaya.

Namun Sofyan bertindak cepat dengan membanting setir ke kiri. Ia sengaja menabrakan kendaraannya ke tiang listrik di sisi jalan, dengan cukup keras. Akibatnya kedua perampok tak siap. Pelaku yang menjerat leher Sofyan dengan tali plastik dari belakang, langsung terpelanting hingga ke dashboard mobil. Begitu juga pelaku yang duduk di samping Sofyan.

Sofyan pun lepas dari jeratan pelaku. Ia langsung bergegas turun dan berteriak minta tolong. Beberapa pengendara yang melintas, merespon teriakan Sofyan. Namun kedua pelaku dengan cepat kabur dan menghilang.
Keduanya lari dengan menuruni sisi Kali Baru di samping Jalan Raya Bogor. Meski berhasil kabur, mereka gagal merampok Sofyan.

Dari keterangan Sofyan, diketahui kedua pelaku menumpang taksinya dari kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur. Mereka meminta Sofyan mengantarkan ke Bogor, Jawa Barat. Ditengah jalan keduanya ternyata berencana merampok Sofyan namun gagal. Sementara Sofyan sendiri tidak mengalami luka serius, walaupun leher korban sempat dijerat tali plastik.

Dari dalam mobil taksi Express yang dikendarai Sofyan, polisi mendapati seutas tambang plastik biru yang digunakan untuk menjerat korban serta beberapa barang milik pelaku yang ketinggalan.
Barang-barang itu adalah satu kacamata, topi, serta dompet coklat berisi kartu nama, sejumlah dokumen dan KTP atas nama Beni Setiawan, warga Jalan Garuda, Kemayoran Timur, RT 06/07, Kemayoran, Jakarta Pusat. (egs)

Leave a Comment