Share

Pengamanan Unjuk Rasa FPGM

BIDHUMAS PMJ – Gambir, Rabu (24/02/2016)

Telah berlangsung aksi unjuk rasa dari Forum Petani Garam Madura (FPGM), bertempat di depan Kementerian Kelautan dan Perikanan Jl. Medan Merdeka Timur, Gambir Jakarta Pusat. Massa yang berjumlah sekitar 250 ini dipimpin Sholehudin, Agus Sumantri dan Hasan Busri.

Dalam unjuk rasa kali ini massa aksi dari FPGM ini menyampaikan tuntutan, menolak dikeluarkannya Permendag 125/M-DAG/PER/12/2005 tanggal 29 Desember 2015 tentang ketentuan impor garam yang diberlakukan mulai tanggal 1 April 2016 dan meminta agar pemerintah mengangkat garam rakyat dengan harga yang memadai karena petani terus merugi.

Dalam aksinya tersebut massa aksi selain melakukan orasi-orasinya dan juga menggelar spanduk/poster yang bertuliskan :
– Jangan biarkan Permendag No.125 TH. 2015 berlaku diseluruh jazirah pulau garam.
– Gapura Kec. Pangarengan Maju Terus Pantang Mundur, Mundur Kafer.
– FPGM, Penjaga pintu gerbang Pulau Madura.
– Kemendag Pembunuh Petani Garam.

Massa aksi juga membawa alat peraga yang digunakan, berupa 1 mobil truk, bendera Merah Putih dan bendera elemen aksi, garam.

Sebanyak 17 orang perwakilan massa aksi dipimpin Sholehudin, Agoes Sumantri dan Hasan Busri, diterima oleh pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan Bpk. Rianto Basuki bagian Direktur Jasa Kelautan.
Pukul 09.40 Wib perwakilan massa aksi selesai diterima, selanjutnya menuju massa unras untuk menyampaikan hasil pertemuan.

Sebanyak 138 personil gabungan Polda 98 personil, Polres/Polsek 40 personil, Kapam Obyek Kanit Bimmas Polsek Metro Gambir Kompol Slamet Subagio dikerahkan untuk melakukan pengamanan.

Leave a Comment