Share

pengamanan keberangkatan massa unjuk rasa buruh Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI)

BIDHUMAS PMJ – Cikarang, Rabu (17/2/2016)

” Iptu Sulyono, Kapolsubsektor Kawasan Industri EJIP pengawal kamtibmas di Objek Vital Nasional ”
Kepala Kepolisian SubSektor EJIP, Iptu Sulyono melakukan pengamanan keberangkatan massa unjuk rasa buruh Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) yang akan melakukan aksinya di Polda Metro dengan maksud mendampingi kaum buruh yang terjerat masalah hukum, Rabu (17-2-2016).

Komunikasi yang terjalin hangat antara Iptu Sulyono dengan PUK perusahaan di kawasan industri EJIP membuat tugas kepolisian yang diemban Sulyono menjadi lebih mudah dengan suasana kekeluargaan.

Memang tidak mudah menjalankan tugas jabatan yang diembannya saat ini, untuk mengamankan kawasan industri EJIP yang menjadi salah satu objek vital nasional, Ia bersama anggotanya harus mampu berkoordinasi dengan semua pihak yang ada dilingkungannya, mulai dari manajemen kawasan, manajemen perusahaan, sekuriti kawasan, sekuriti perusahaan, serikat buruh, dan masyarakat sekitar harus dirangkulnya untuk dapat bersinergi menjaga situasi keamanan kawasan industri yang didalamnya banyak terdapat perusahaan PMA tetap kondusif.

Kegiatan pemeliharaan kamtibmas yang dilakukannya setiap hari berupa kegiatan patroli dialogis di sekitar Kawasan EJIP. Untuk menjaga situasi Kamtibmas tak bergejolak, Polsubsektor EJIP juga mengajak para Satpam di kawasan industri EJIP untuk turut serta menjaga Kamtibmas.

Ajakan itu terus dilakukan dengan cara menyambangi pos-pos Satpam. Dalam kegiatannya, Sulyono mengatakan, pihaknya selalu meningkatkan patroli sambang ke pos-pos Satpam kawasan industri yang dilakukan tidak hanya pada siang hari, melainkan juga pada malam hari. Patroli malam hari ke kawasan perusahaan di wilayah hukum Polsek Cikarang Selatan dalam bentuk sambang atau patroli dialogis sasaran Satpam dengan tujuan untuk mengingatkan agar selalu waspada dan memperat kemitraan.

“Selain itu sebagai pelaksana pemeliharaan Kamtibmas kami juga mengintesifkan komunikasi dengan serikat pekerja yang ada baik di tingkat perusahaan (PUK) maupun di rumah buruh yang digunakan sebagai pusat kegiatan buruh. Kami turut mensosialisasikan PP No.78/2015 tentang pengupahan yang menguntungkan kaum buruh,” ungkap Iptu Sulyono, Rabu (17/2/2016).

Kapolresta Bekasi Kombespol M. Awal Chairuddin, SIK, MH saat dikonfirmasi melalui Kapolsek Cikarang Selatan Kompol Ardi Rahananto mengatakan, “Petugas Kami di lapangan selalu mengimbau pada Satpam, dalam istirahat saat bertugas agar diatur secara bergantian dan selalu kontrol keliling di area perusahaan yang menjadi tanggungjawabnya serta melaporkan pada pihak kepolisian jika mengetahui atau mengalami ada tindak kejahatan,” pungkasnya.

Anggota Satpam diimbau untuk selalu menjaga lingkungan kerjanya, dan segera melaporkan kejadian apapun terkait hal-hal yang tidak diinginkan kepada kepolisian, sehingga petugas kepolisian dapat dengan cepat melakukan tindakan. (egs).

Leave a Comment