Share

Penemuan Diduga Kerangka Manusia

BIDHUMAS PMJ – Bandara Soetta, Jum’at (26/02/2016).

Sekitar sekitar pukul 18.00 wib telah diterima laporan dari pihak security Bandara Soekarno Hatta bahwa ditemukan serpihan yang diduga kerangka manusia di dalam galian pipa saluran Avtur Pertamina pengembangan terminal Bandara Soekarno Hatta di area dalam sisi Runway Perimeter Utara (Pos 07) oleh pekerja penggalian tanah proyek.

Dari hasil pengecekan di TKP dan penyelidikan awal, diketahui bahwa :

1. Kedalaman serpihan kerangka yang ditemukan tersebut dengan permukaan tanah kurang lebih 2 meter.

2. Serpihan yang diduga kerangka manusia tersebut sudah berserakan (tidak beraturan), karena diduga sudah mengalami proses kerapuhan.

3. Dari informasi warga setempat dan security bahwa sebelum dibangun Bandara Soekarno Hatta, TKP tersebut merupakan kuburan / pemakaman umum Selapajang, dan pada saat dimulai pembangunan, pemakaman tersebut oleh pihak kontraktor diserahkan kepada masyarakat untuk mengurusi pemindahan makam-makam keluarganya masing-masing, namun sebagian juga tidak dilakukan pemindahan.

4. Dugaan sementara bahwa temuan serpihan kerangka manusia tersebut merupakan kerangka manusia dari bekas kuburan / makam masyarakat yang tidak dipindahkan oleh keluarganya.

Langkah-langkah yang telah dan akan dilakukan :

1. TPTKP dan Olah TKP

2. Pengangkatan serpihan diduga kerangka manusia tersebut

3. Pemeriksaan saksi-saksi

4. Pemeriksaan Barang Bukti ke Dokpol (Dokter Polisi).

Selanjutnya kegiatan penggalian Saluran Avtur tetap dikerjakan oleh Pertamina untuk mengalirkan bahan bakar pesawat.

Leave a Comment