Share

PEMUSNAHAN GANJA 1.3 TON

BIDHUMAS PMJ – Bandara Soetta, Jum’at (05/02/2016).

Sebanyak 1,3 ton ganja kering dimusnahkan penyidik Direktorat Tindak Pidana Narkotika Bareskrim Polri di kawasan pemusnahan barang bukti Bandara Soekarno-Hatta. Barang bukti tersebut merupakan hasil sitaan penyidik pada pertengahan Desember 2015 lalu. Pemusnahan digelar pada Kamis (4/2/2016) siang tadi yang disaksikan oleh pihak kejaksaan, Kejari Banten, Puslabfor, Wakapolres kota Bandara Soekarno-Hatta Tersangka YS (32) alias.

Ganja tersebut merupakan hasil pengungkapan Direktorat Tindak Pidana Narkotika Bareskrim Polri pada tanggal 16 Desember 2015 lalu di rest area Tol Merak-Jakarta Km 69 Kampung Cipocok, Serang, Banten. Ganja tersebut diselundupkan tersangka dari Aceh via darat dengan menggunakan truk Fuso bernopol B 9**1 WF. Pemusnahan merupakan perintah UU No 35 Tahun 2009 dalam pasal 91 ayat (2) dan (3), di mana setelah menerima penetapan dari Kajari, penyidik wajib memusnahkan barang bukti tersebut.

Dari barang bukti yang dimusnahkan itu, disisakan dari masing-masing koli seberat 20 gram atau total 0,78 Kg untuk dihadirkan dalam persidangan. Barang bukti tersebut dimusnahkan dengan cara dioven.

Menurut Kasubdit II Direktorat Tindak Pidana Narkotika Bareskrim Polri Kombes Wihastono Yoga Pranoto, tindak pidana markotika di Indonesia mengalami peningkatan selama 4 tahun terakhir ini baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

“Oleh karena itu, kalau dibiarkan atau tidak diperangi akan mengganggu stabilitas keamanan dan ekonomi bangsa. (sov)

Leave a Comment