Share

OPANG DAN GRAB BIKE CIKOKO BERGANDENGAN TANGAN, SEPAKAT HINDARI KONFLIK

BIDHUMAS PMJ – Jakarta Selatan, Jum’at (05/02/2016).

Mengantisipasi terjadinya gesekan antara Ojek Pangkalan (Opang) dengan Ojek Online diwilayah hukumnya, Polsek Pancoran Polres Metro Jakarta Selatan bergerak cepat dengan mempertemukan kedua belah pihak pada Jum’at (05/02/2016) siang. Kali ini Polsek Pancoran yang di wakili oleh Kanit Binmas Iptu H. Sriyana, Kanit Intelkam Iptu I Nyoman Suka dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Cikoko Aiptu Nurkholis memediasi pertemuan antara Opang Menara Saidah dan Opang Carrefoure MT. Haryono dengan Komunitas Grab Bike Cikoko.

Pertemuan yang mengambil tempat di pelataran gedung Menara Saidah, Cikoko itu dimaksudkan untuk menyamakan persepsi sekaligus mencari solusi atas permasalahan yang biasa terjadi dilapangan antara Opang dengan Ojek Online. Dalam pertemuan, masing-masing pihak diwakili oleh 15 orang.

H. Sriyana selaku pembina keamanan kewilayahan menyampaikan dalam sambutannya bahwa terjadinya gesekan antar pengemudi Ojek karena kurangnya pemahaman antara kedua belah pihak mengenai sistem operasional di masing-masing pihak. Kadangkala, sesuatu hal yang tidak perlu dipermasalahkan malah dibuat menjadi masalah besar.

“Selama menunggu kepastian regulasi terkait aturan transportasi ojek, kami pihak Kepolisian tetap berupaya menjadi penengah. Namun jangan coba-coba untuk melanggar aturan yang sudah jelas. Siapa pun tak akan lepas dari jerat hukum,” tegas H. Sriyana.

H. Sriyana juga menghimbau kepada kedua belah pihak untuk saling menjaga dan tidak mudah terprovokasi bilamana ada permasalahan. “Selesaikan baik-baik atau gunakan jalur hukum. Jangan main hakim sendiri,” tuturnya.

Pertemuan antara Opang dengan Grab Bike yang digagas oleh Polsek berjalan dengan penuh keakraban. Hasilnya, ada beberapa point kesepakatan yang menjadi komitmen mereka. Diantaranya bahwa kedua belah pihak sepakat untuk saling menghargai dan menghormati hak masing-masing dan menjaga aturan main yang berlaku dalam mengambil kustomer. Selain itu, Grab Bike Cikoko juga tidak akan mengambil penumpang reguler dan hanya mengangkut order sesuai pesanannya dengan mengambil jarak tunggu tidak terlalu dekat dengan Opang.

Kesepakatan yang diambil oleh kedua belah pihak dalam pertemuan tersebut sangat disambut baik oleh koordinator Komunitas Grab Bike Cikoko, Ekky Zakian. Dirinya akan mensosialisasikan hasil pertemuan hari ini kepada rekan-rekannya. Begitu pula yang akan dilakukan oleh perwakilan dari Opang, Ajis dan Sugi.

Usai pertemuan, kedua belah pihak saling berjabat tangan dengan erat sebagai simbol kebersamaan. (edo)

Leave a Comment