Share

Lima Bulan Beroperasi, Bus Transjabodetabek Depok-Grogol Sepi Peminat

BIDHUMAS PMJ – Depok, Rabu (17/02/2016).

Setelah lima bulan beroperasi, bus Transjabodetabek jurusan Depok-Grogol sampai kini, tetap sepi penumpang dan belum mampu menarik minat warga Depok. Setiap keberangkatan dari Terminal Depok di Jalan Margonda, bus hanya diisi rata-rata lima penumpang saja. Begitu juga sebaliknya, saat bus datang ke Terminal Depok. Padahal, kapasitas bus mencapai 75 orang.

Karenanya dari 5 bus yang dioperasikan sejak awal diluncurkan 7 September 2015 lalu, kini hanya 3 bus saja yang beroperasi setiap harinya di jurusan Depok-Grogol. Sepinya penumpang Transjabodetabek Depok-Grogol ini diakui oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Gandara Budiana, Selasa (16/2/2016).

Menurutnya salah satu faktor yang membuat warga tidak tertarik adalah tidak pastinya keberangkatan bus.Sementara Kepala UPT Terminal Depok Endang Wahyu mengatakan sepinya penumpang Transjabodetabek membuat sejumlah sopir bus itu mengeluh. Ia menduga sepinya penumpang karena warga lebih tertarik menggunakan moda transportasi lain, seperti kereta api dan sepeda motor.

“Apalagi dari Depok ini kereta apinya sangat diminati,” katanya. Selain itu kata dia, warga Depok yang menuju Grogol atau Cawang yang dilintasi Transjabodetabek sepertinya lebih memilih motor.

“Kalau bawa motor sendiri bisa mobile kemana-mana, apalagi sekarang sudah ada ojek online dengan tarif yang terjangkau,” katanya. Sementara itu, ditemui di tempat terpisah Kasat Lantas Polresta Depok Kompol H. Sutomo mengatakan, “pihaknya akan mendukung apapun yang menjadi kebijakan pemerintah Depok terkait urusan transportasi massal, yang terpenting transportasi massal tersebut menjamin keamanan, kenyamanan bagi calon penumpangnya”.

“Karena itu akan membantu mengurangi kemacetan di jalan khususnya di wilayah kota Depok”, tutup Kompol. H. Sutomo (edo)

Leave a Comment