Share

Kunjungan Menteri Sosial ke Kalijodo Penjaringan Jakarta Utara

BIDHUMAS PMJ – Kalijodo, Rabu (17/02/2016).

Kunjungan Menteri Sosial Ibu Khofifah Indra Parawangsa di Kalijodo Jl. Kepanduan II RW.005 Kel. Pejagalan Kec. Penjaringan Jakarta Utara, dalam kegiatan tersebut Menteri Sosial Ibu Khofifah Indra Parawangsa didampingi Pengamat Ruang Tata Kota Bapak Yayat Supriyatna dan juga oleh Guru Paud Kalijodo Ibu. Yuli selanjutnya Ibu Mensos menjelaskan bahwa :

1. Terkait mengenai RTH ( Ruang Terbuka Hijau ) dan Tata Ruang adalah kewenangan Pemda DKI Jakarta, namun yang terkait Sosial khususnya para PSK akan diberikan Kompensasi Opsi yaitu diberikan Ketrampilan selama 6 bulan dan selanjutnya akan diberikan uang saku / untuk modal usaha sebesar Rp.5.000.000, yang dapat dicairkan setelah sampai daerah yang dituju melalui rekening Bank miliknya. Selain hal tersebut dapat juga diberikan lapangan Kerja / disalurkan di Pabrik Garmen di Boyolali dan Jepara, karena saat ini Perusahaan tersebut yang masing – masing membutuhkan Karyawan 20.000 s/d 50.000 orang.

2. Terkait tentang masalah Sosialisasi Pemda DKI Jakarta sudah melakukannya kepada warga Kalijodo, dan pihak Menteri Sosial dan Pemda DKI Jakarta sudah melakukan Rapat Kordinasi mengenai rencana Penertiban Kalijodo, dan Rapat tersebut sudah selesai dilaksanakan.

Kemudian Ibu. Yuli memberikan penjelasan bahwa rencana kegiatan Penertiban, belum dilakukan Sosialisasi kepada warga, namun pihak Pemda DKI Jakarta hanya melakukan penempelan Surat Himbauan dirumah warga, sehingga perlu adanya Sosialisasi dikarenakan warga sudah menempati Lokasi Kalijodo selama 30 Tahun, dan harus adanya lokasi untuk anak – anak Korban penggusuran yang disediakan oleh pihak Pemda DKI Jakarta.

Selanjutnya tanggapan dari Pengamat Ruang Tata Koja Bp. Yayat Supriyatna : Silahkan Pemerintah untuk melakukan penertiban namun perlu adanya Sosialisasi terlebih dahulu dengan cara berdialog, dan yang ditempel bukan peringatan namun himbauan agar warga mengetahui bahwa lokasi tersebut akan dijadikan lahan hijau. Kunjungan selesai pukul 14.30 Wib dan disiarkan langsung secara Live oleh TV stasiun tv lokal. Selama kegiatan berlangsung aman dan kondusif. (egs)

Leave a Comment