Share

KAPOLSEK PANCORAN SAMPAIKAN PROGRAM HARKAMTIBMAS MELALUI “DIALOG LINGKUNGAN”

BIDHUMAS PMJ – Pancoran, Sabtu (27/02/2016).

Kepolisian sangat mengharapkan peran serta masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan. Hal itu disampaikan oleh Kapolsek Pancoran Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Aswin, S.Sos dalam pertemuannya dengan warga dan pengurus Rt dan Rw.05 Kelurahan Kalibata pada Jum’at (26/02/2016) malam. Bertempat di aula gedung majelis taklim Al Khaeriyah Kalibata Pulo, pertemuan antara Kapolsek dan warga bertema “Dialog Lingkungan” tersebut mengupas permasalahan kamtibmas yang terjadi sekitar pemukiman warga dan mencari solusinya.

Dialog Lingkungan diawali dengan perkenalan dari seluruh pejabat teras yang hadir, dilanjutkan dengan pemaparan program kerja jangka pendek dan jangka panjang Polsek Pancoran dalam pemeliharaan kamtibmas oleh Kapolsek. Seperti yang disampaikan oleh Kapolsek, beberapa hal penting yang menjadi perhatian aparat penegak hukum saat ini antara lain antisipasi tindak pidana terorisme dan penyebaran paham radikalisme dan tindak pidana penyalahgunaan Narkotika.

Sedangkan secara khusus, Aswin mengupas masalah keamanan lingkungan Rw.05 Kelurahan Kalibata. Berdasarkan hasil mapping yang dilakukan oleh Polsek Pancoran, diketahui angka pencurian kendaraan bermotor terutama roda dua di wilayah tersebut cukup tinggi. Oleh sebab itu, pihaknya perlu masukan sekaligus mencari solusi permasalahannya bersama-sama dengan warga.

Dari hasil Dialog Lingkungan tersebut terungkap bahwa dilingkungan Rw.05 belum terbentuk sistem keamanan swakarsa yang yang sistematis guna menangkal terjadinya gangguan keamanan. Selama ini warga masih mengandalkan petugas keamanan lingkungan yang bisa dibilang jauh dari unsur memadai. Baik dari jumlahnya maupun keterampilan yang dimiliki oleh petugas keamanan tersebut.

Oleh sebab itu, Kapolsek mengajak seluruh warga untuk memiliki kesadaran dan berperan serta aktif dalam menjaga keamanan serta ketertiban lingkungannya.

“Dari yang paling mudah, informasikan kepada petugas kami bilamana bapak ibu sekalian menemukan hal-hal yang mencurigakan. Baik itu tindak-tanduk seseorang yang tidak dikenal, ataupun bila melihat benda-benda yang mencurigakan,” ujar Aswin kepada seluruh peserta yang hadir.

Usai gelaran acara, Kapolsek yang memahami betul tentang Polmas tersebut menjelaskan maksud dan tujuan dari “Dialog Lingkungan” yang digagasnya. Harapannya adalah para Ketua Rw dan Rt yang dikunjungi tidak sungkan memanfaatkan keberadaan petugas Polsek untuk melakukan patroli bersama.

“Jika perlu, bersama-sama kita melakukan razia disekitar lingkungan warga untuk menekan kriminalitas,” ungkap Aswin.

Bila sinergi antara Ketua Rt dan Rw dengan Polsek dalam menciptakan rasa aman dan nyaman bagi warganya. Tentunya akan meningkatkan kredibilitas serta kewibawaan aparatur pemerintahan tingkat bawah tersebut di mata warganya, tutur Aswin menutup “Dialog Lingkungan”. (sov)

Leave a Comment