Share

Jalan Margonda Depok Penuh Lubang, Pengendara Dihimbau Waspada

BIDHUMAS PMJ – Depok, Jum’at (19/02/2016).

Musim hujan, sejumlah lubang menghias di sepanjang Jalan Margonda Raya, Depok. Bagi pengendara yang melintas diharap waspada lantaran sudah banyak jatuh korban. Ironisnya jalanan tersebut padahal belum lama diperbaiki oleh pemkot setempat.Kasat Lantas Polresta Depok Kompol. H. Sutomo menyebutkan perbaikan jalan dilakukan di pertengahan Desember 2015 lalu. Namun diduga kerap turun hujan material aspal jalan pun terkikis dan menimbulkan lubang-lubang. “Kedalaman lubang berkisar antara 15 hingga 20 Cm. Lokasi lubang menyebar. Kadang tidak sedikit pengendara motor terjatuh akibat melindas lubang,”ujarnya, Jumat (19/2/2016).

Titik jalan yang mengalami kerusakan mulai dari gerbang batas masuk Depok dari arah Jakarta, hingga menuju depan Gang Kober Kelurahan Pondok Cina. Ranjau lubang banyak berada di jalur cepat. “Jika tidak segera ditambal sangat berbahaya khususnya pengendara motor bisa terjatuh. Apalagi jika hujan turun kubangan tidak terlihat kasat mata,”katanya. “Anggota kita di lapangan sudah melakukan penambalan terhadap kubangan menggunakan material batu.”

Sementara itu, Kapolresta Depok Kombes Pol. Dwiyono, SiK, MSi menambahkan antisipasi jatuh korban kecelakaan akibat kubangan di Jalan Margonda. Pihaknya meminta kepada petugas polantas untuk meningkatkan patroli saat musim hujan. “Meski masuk wilayah Jakarta Selatan, bawah fly over Universitas Indonesia menuju Jagakarsa mengalami kerusakan. Hal ini berdampak jika jam kerja pagi hari kemacetan terjadi lantaran laju kendaraan terhambat,”ungkapnya.

Kapolresta Depok mengatakan, pemerintah Kota khususnya instansi terkait untuk segera bertindak cepat untuk melakukan penambalan jalan yang rusak. “Jangan sampai jatuh korban dulu, baru pemerintah turun tangan. Mencegah hal tersebut petugas polantas yang ada di lapangan serentak menutupi lubang dengan menutupnya menggunakan material pasir dan batu,”tutupnya.

“Ini sifatnya hanya sementara, sambil menunggu pemerintah untuk melakukan pengaspalan kembali untuk menutup lubang.” Sementara itu, Alvin,20, mahasiswa Depok mengatakan, jalan berlubang di Margonda depan Gang Kober sangat mengkhawatirkan. Tidak sedikit pengendara motor banyak menjadi korban. “Padahal aspal baru, tapi sudah rusak saja. Kubangan yang letaknya tersebar kecil-kecil namun dalam, sangat berbahaya bagi motor. Tidak sedikit motor oleng lalu akhirnya terjatuh saat melibas lubang,”katanya. (edo)

Leave a Comment