Share

Hati Hati Dengan Situs Hoax Pendaftaran CPNS

BIDHUMAS PMJ – Jakarta, Rabu (10/02/2016).

Jakarta – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) melaporkan 17 situs ‘hoax’ yang berisi pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS).
Kepala Biro Hukum Komunikasi dan Informasi Publik Kemen PAN RB, Herman Suryatman mengatakan, pihaknya belum mengumumkan adanya pendaftaran CPNS. Namun situs tersebut sudah mengumumkan seolah-olah benar.

“Situs-situs itu mengunggah berita-berita soal jadwal seleksi CPNS 2016. Padahal kami belum mengeluarkan informasi soal itu,” katanya kepada wartawan usai membuat laporan ke Mabes Polri, Selasa (9/2).

Herman menambahkan, situs yang dilaporkan antara lain www.cpns2016.com, www.cpns.info, www.lowongankerja15.com, www.infocpns2016.cocm, www.teskerja.com dan www.posmetro.info.

Menurutnya, sudah ada sembilan korban dari berbagai daerah yang melapor yang diduga menjadi korban penipuan CPNS lewat situs tersebut.

“Ada sembilan laporan masyarakat kepada kami. Nanti biarkanlah Bareskrim bekerja dan mendalami, sejauh mana korelasi informasi yang ditengarai bohong dengan laporan korban itu,” jelasnya.

Dikatakannya, dalam aksinya pelaku meminta uang ratusan juta rupiah kepada korbannya, dengan dalih untuk pengurusan masuk CPNS.

Leave a Comment