Share

Gunakan Kartu Kredit Curian, Tiga Pelaku Buat KTP Palsu

BIDHUMAS PMJ – Dit Krimum PMJ, Selasa (23/02/2016).

Subdit Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya meringkus kawanan pemalsu kartu tanda penduduk (KTP), yaitu Khairunnas, Fadli Habibi, dan Heni Samsiah. KTP palsu itu gunakan untuk menarik dana tunai melalui kartu kredit.

“Tersangka ada tiga orang,” kata Kanit 1 Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Jawab Kompol Gunardi. Sebagai informasi, Heni memiliki sebuah salon di daerah Jakarta Timur. Dengan menggunakan KTP palsu, Heni pun mengajukan mesin electronic data capture (EDC) atas nama salon miliknya.

“Setelah mesin EDC ini jadi, digunakanlah untuk melakukan gesek tunai dari kartu kredit hasil curian,” ujarnya. Dalam melancarkan aksinya, mereka tentu memiliki modus masing-masing. Khairunnas bertanggung jawab menampung kartu kredit hasil curian, sedangkan Fadli bertugas membuat KTP palsu di Pasar Pramuka.

Namun, pelaku yang bertugas mencuri kartu kredit tersebut hingga saat ini belum tertangkap. Subdit Jatanras terus melakukan pengejaran. Pegawai kelurahan pun turut diperiksa dalam pengembangan kasus ini.
“Pelaku pencurian kartu kredit masih buron. Saat ini kita juga melakukan pemeriksaan dan pengecekan kepada pegawai kelurahan,” tuturnya. Dari tangan tersangka, polisi menyita barang bukti berupa KTP palsu, buku tabungan, kartu anjungan tunai mandiri (ATM), dan mesin EDC. (edo)

Leave a Comment