Share

Unit 3 subdit cybercrime ditreskrimsus, Polda Metro Jaya telah berhasil mengungkap kasus TP

BIDHUMAS PMJ – Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, Sabtu (16/01/2016).

Berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP/163/I/2015/pmj/dit Reskrimsus tagal 15 Jan 2015 atas nama pelapor Satria Tunggul Wibisono S.Sos dan Laporan Polisi Nomor : LP/216/I/2015/pmj/Dit Reskrimsus tgl 19 Jan 2015 atas nama Palapor Tejho Winarto ST.

Unit 3 subdit cybercrime ditreskrimsus, Polda Metro Jaya telah berhasil mengungkap kasus TP Mengakses tanpa hak sistem elektronik dan atau Pemalsuan surat dan TPPU.

Dari laporan tersebut petugas dapat mengamankan tersangka 4 orang tersangka di 3 tempat berbeda yaitu VRH, Umur 26 tahun Asal Aceh (ditangkap di Kab Nagan Raya Aceh), RA, Umur 21 tahun Asal Aceh (ditangkap di Kab Nagan Raya Aceh), ZN, Umur 26 tahun Asal Aceh (ditangkap di Cinere Depok), SN alias SAIFUL, Umur 22 tahun Asal Aceh (ditangkap di Halaman Rutan Salemba) dan menyita barang bukti yang telah di amankan diantaranya 3 buah KTP, 4 unit HP, 1 unit laptop, 1 unit mobil sedan Merek Ford, Buku Tabungan dan Kartu ATM.

Dalam menjalankan aksinya tersangka VRH dan RA mendatangi Grapari telkomsel dengan membawa surat kuasa palsu dari korban untuk mengganti simcard nomor korban dengan alasan kartu hilang.

Setelah mendapatkan kartu simcard yang baru, tersangka ZN bertugas melalui telepon untuk menghubungi Call Center Bank Permata mengaku sebagai TJHO WINARTO, ST. meminta pengubahan User ID dan menanyakan alamat email yang dipakai dimana email tesebut digunakan sebagai email verifikasi di layanan internet banking permanen.

Setelah itu tersangka ZN mengakses akun internet banking korban dan melakukan transfer dana milik korban ke beberapa rekening bank diantaranya rek bank BNI, BRI dan BTN.Rekening untuk melakukan penampungan dana kejahatan tersebut disiapkan oleh tersangka SN.

Akibat perbuatan  pelaku korban mengalami kerugian Rp 245 jt. Dalam kejadian ini tersangka harus mempertanggung jawabkan aksinya dan tersangka di kenai pasal 30 UU ITE , pasal 263 Kuhp dan pasal 3, 4, 5 UU TPPU dengan ancaman pidana 15 tahun penjara. (egs)

Leave a Comment