Share

Subdit IV Cyber Crime PMJ Menangkap Pelaku Penipuan

BIDHUMAS PMJ – DIT Krimsus, Senin (04/01/2016).

Subdit IV Cyber Crime Dit Krimsus Polda Metro Jaya Menangkap Pelaku Penipuan, Pada Selasa (29/12/2015) Unit 3 Subdit Cyber Crime telah menangkap 1 orang pelaku kasus Penipuan dirumah kontrakan pelaku, Pelaku di tangkap di Perumahan Bekasi blok H Kel Jatimelati Kec.Pondok Melati Kota Bekasi. Berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP/5583/XII/2015/PMJ/Dit Reskrimsus tgl 28-12-2015,

Korban diketahui bernama Y.M (Ibu Rumah tangga) dengan kerugian yang ditafsir sampai Rp.525 juta. Didapati Identitas Tersangka R.H, 49 Thn dengan alamat Kp Rawa Bacang Kel Jatirahayu Kec Pondok Melati Bekasi. Dari penangkapan itu didapati barang bukti, 1 buah HP, 1 buah Buku Tabungan BCA, 2 buah Kartu ATM, 2 unit motor, 2 unit mesin jahit/obras, 5 potong baju pesta dan 1 buah AC.

Adapun kronologis yang lebih jelas adalah pada bulan Oktober 2015 Korban Y.M membuka lowongan kerja di media cetak untuk mencari tenaga ahli desain grafis, Tersangka R.H mendaftar kerja di tempat korban, setelah Tersangka R.H diterima bekerja. Tersangka tgl 4 november 2015 menawarkan proyek pekerjaan sampingan untuk membuat baju pesta milik ZASKIA GOTIK dengan keuntungan Rp 20 juta dalam waktu 10 hari, kemudian Tersangka meminta uang Rp.9 juta kepada Korban untuk modal Pada tgl 22 Nov 2015 Korban diberikan keuntungan dan modal sebesar Rp.29 juta.

Dalam perjalanan waktu pembuatan baju pesta tersebut Tersangka menawarkan lagi pekerjaan membuat baju kaos Bank BNI Sebanyak 30.000 pieces dengan keuntungan Rp.20 ribu/ pieces lalu tersangka meminta modal awal Rp. 350 jt ditransfer ke rekening Tersangka dan uang cash Rp.175 jt. Setelah uang diserahkan Korban kepada Tersangka ternyata pekerjaan tersebut tidak ada (fiktif) sehingga korban merasa tertipu.

Hasil pemeriksaan terhadap Tersangka R.H mengakui telah menerima uang dari Korban Y.M sebesar Rp.525 jt dan uang tersebut tidak digunakan untuk pembuatan baju kaos BNI melainkan telah digunakan untuk membeli 2 unit sepeda motor, mesin jahit, mesin obras, 5 potong baju-baju pesta sewaan, 1 unit AC, membayar rumah sakit, mengontrak rumah, dan untuk mencukupi kebutuhan rumah tangganya.

Dari kasus tersebut Tersangka dikenai pasal 378 KUHP dan Tersangka R.H dilakukan penahanan. (edo)

Leave a Comment